Gejolak di Daerah Akibat Rendahnya Pendidikan dan Ekonomi

Iwosumbar.com, Monokwari – Permasalahan yang terjadi di daerah termasuk di Provinsi Papua Barat lebih banyak disebabkan oleh rendahnya pendidikan masyarakat dan tingginya permasalahan ekonomi. Sebagai negara kepulauan, maka kedua hal ini sudah semestinya dipenuhi oleh Pemerintah.

Demikian diungkapkan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Dr. Nono Sampono saat memberikan Orasi Ilmiah dihadapan 183 Wisuda angkatan ke – 34 Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Manokwari di Manokwari, Papua Barat, Kamis (17/10/2019).

Orasi ilmiah mantan Komandan Jenderal Marinir TNI AL ini berjudul “Dinamika Perkembangan Lingkungan Strategis Global serta Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara.
“Saya teringat yang dikatakan Bung Hatta, bahwa masalah pendidikan dan ekonomi yang baik adalah kunci kesejahteraan”, tegasnya.

Nono Sampono menyayangkan ada indikasi paham fundamentalisme di dalam kampus, yang seharusnya menjadi dunia intelektual. Bahkan wakil rakyat dari Daerah Pemilihan Provinsi Maluku ini juga sangat menyayangkan paham fundamentalisme juga telah merasuk di dunia kemiliteran yaitu Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Paham fundamentalisme inilah yang menjadi ancaman nyata bagi kerukunan di Indonesia”, tegasnya.

Orasi ilmiah mantan Komandan Paspampres dihadapan para wisudawan ini dalam rangka melakukan kunjungan kerja ke indonesia timur dan juga untuk mendekatkan DPD RI dengan kalangan perguruan tinggi. (**)

Bagikan