PKM UNP Beri Keterampilan Bordir Sulaman Pada Wanita Lapas

Iwosumbar.com, Bukittinggi – Universitas Negeri Padang melalui Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dipimpin Sri Zulfia Novrita, MSi dan Lembaga pemasyarakatan Klas IIA Bukittinggi menggelar pelatihan keterampilan bordir dan menyulam bagi warga binaan wanita lapas setempat.

Kolaborasi pelatihan dalam membina warga binaan itu diharapkan sebagai sarana memperoleh penghasilan setelah kembali memasuki kehidupan bermasyarakat.

“Pembinaan yang diberikan pada warga binaan wanita lembaga pemasyarakatan ini dilakukan dengan pemberian pendidikan dan pelatihan keterampilan yang bertujuan agar warga binaan mempunyai bekal keahlian bordir dan sulaman,” ujar Ketua PKM UNP di LP Klas IIA Bukittinggi, Sri Zulfia Nofrita di Padang, Jumat (8/11/2019).

Dikatakan Sri, pelatihan digelar dilatarbelakangi, belum adanya pengetahuan dan keterampilan warna binaan pemasyarakatan khususnya dalam membordir dan menyulam.

Ditambahkannya, kurangnya sumberdaya manusia yang ada di lembaga pemasyarakatan dalam membina warganya di bidang pendidikan keterampilan, khususnya keterampilan membordir dan menyulam, yang telah berjalan selama delapan bulan belakangan ini.

Selain pelatihan pengetahuan dan keterampilan bordir dan sulaman secara berkala, kerjasama PKM UNP dengan LP Kelas IIA juga memberikan bantuan sarana berupa peralatan mesin jahit, gunting dan lain sebagainya.

“Untuk kegiatan pembinaan keterampilan membordir dan menyulam, serta pembinaan dalam menumbuhkan jiwa berwirausaha,” tandas Sri yang didampingi Asmar Yulastri. (Ag)

Bagikan