Lahirkan Guru Profesional, 125 Dosen Muda UNP Ikuti Micro Teaching

Iwosumbar.com, Padang – Seratus dua puluh lima orang dosen Universitas Negeri Padang (UNP) mengikuti Workshop Micro Teaching Berbasis Lesson Study Learning community di Gedung PPG (Pusat Pelatihan Guru), Jumat (24/1/2020).

Wakil Rektor 1 UNP, Prof Yunia Wardi mewakili Rektor memberikan sambutan dan sekaligus membuka secara resmi, setelah mendengar laporan kegiatan oleh Ketua LP3M, Dr Edwin Musdi.

Yunia Wardi mengatakan, era digital pendekatan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru mesti secara kolaboratif, dengan langkah-langkah pokok merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan.

Yaitu, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran tersebut, serta melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji tersebut untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran berikutnya perlu diupayakan terus menerus.

“Jadi pelaksanaan lesson study mesti fokus pada aktivitas siswa di kelas, dengan asumsi bahwa aktivitas siswa tersebut terkait dengan aktivitas guru selama mengajar di kelas, dengan adanya workshop ini tentu para dosen UNP bisa menerapkan kepada mahasiswa kita,” ujar Yunia Wardi.

Sementara, Edwin Musdi melaporkan penerapan Lesson Study didasarkan kepada proses, usaha yang berkesinambungan. Proses yang asli dan nyata, bukan tampil karena hanya untuk diamati.

Kondisi natural inilah yang diyakini dapat membuat ilmu yang diperoleh tidak pernah dilupakan siswa. Guru harus merubah cara menyampaikan ilmunya, dari yang bersifat klasikal (penyampaian materi) menjadi eksploratif (pemahaman arti suatu ilmu).

Dan Keaktifan siswa dalam bereksplorasi tidak akan terganggu oleh banyaknya pengamat yang hadir di dalam kelasnya.

“Tentu melalui workshop ini para dosen lebih memaksimalkan lahirnya guru profesional merupakan faktor utama dalam penentuan keberhasilan pendidikan dan tercapainya tujuan pembelajaran, ” katanya.

Edwin juga menyampaikan, materi yang disampaikan dalam workshop yang berdurasi dua hari ini, Jumat dan Sabtu (24-25/1) ini diantaranya, hakekat dan filosofi, chapter dan lesson desaign, sharing dan jumping task, praktik teknik observasi, refleksi, rencana tindak lanjut dan diakhiri dengan learning management system. (Ag)

Bagikan