Gubernur Blak-blakan Dengan JPS Tentang  Sumbar ke Depan

Iwosumbar.com, Padang – Ternyata membangun Sumatera Barat kedepan untuk bisa maju dan modren ternyata tidaklah mudah seperti yang dibayangkan dan dijanjikan.

Hal itu terungkap dalam audensi antara Jaringan Pemred Sumbar (JPS) dengan Gubenur Sumatera Barat Irwan Prayitno berlangsung dirumah gubernur, Kamis sore (13/2/2020).

Pertemuan JPS dengan Gubernur Sumbar tersebut dalam rangka menggali dan mendengarkan potensi Sumbar kedepan dari gubernur, bagaimana Sumbar kedepan bisa lebih maju dan masyarakat bisa sejahtera.

Banyaknya calon-calon gubernur yang sesumbar dan obral janji dimana mereka jika dipercaya dan dipilih nanti akan meningkatkan perekonomian dan mensejahterakan masyarakat dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 7 persen bahkan lebih.

Ternyata semua janji tersebut sulit dan tak masuk akal dalam keadaan terkini, hal ini terungkap dalam pembicaraan JPS dan Gubernur Irwan Prayitno.

Dikesempatan Irwan Prayitno mengatakan, Sumbar sangat sulit untuk bisa menjadi maju dan modren. Jika tingkat kemajuan diukur dari pembangunan yang banyak gedung-gedung tinggi tentu harus mendatangkan investor, dan itu sulit dilakukan di Sumbar.

“Jiwa orang Minang itu melekat di usaha yang tak ingin di perintah-perintah”, ujarnya.

Terkait kepemimpinan Sumbar kedepan Irwan Prayitno mengatakan tidak hanya cukup popularitas dan elektabilitas saja, tapi harus diiringi dengan kualitas.

“Siapa saja nanti yang terpilih dengan mengandalkan popularitas dan elektabilitas, Sumbar sulit maju, jika dia tidak punya kapasitas”,ujarnya.

Lanjut Gubernur, Orang yang mempunyai Popularitas dan Elektabilitas tinggi tetap aja tergantung dengan isi tas, canda dia.

Akhirnya dalam audensi yang singkat tersebut, andalan Sumbar untuk mendongkrak perekonomian tetap di bidang Pariwisata ditambah dengan bidang UMKM.

“Pariwisata dan UMKM saling menyambung dan terkait untuk bisa dikembangkan” ujar gubernur.

“Karna Budaya kita Ranah Minang sangat bagus dan banyak spot untuk dikunjungi oleh wisatawan ditambah kuliner dan berbagai jenis makanan kita sudah terkenal di mana saja” tandasnya.

Sedangkan Kordinator JPS, Heri Sugairto mengatakan bertemu dan berdiskusi dengan Irwan Prayitno menjadi penggalian terakhir.

“Pada 20 Februari JPS akan melakukan roadshow FGD dengan tokoh Sumbar di nasional, di Hotel Balairung Jakarta. FGD digelar dengan empat sesi dengan narasumber tokoh yang berkompeten untuk melahirkan. Rekonendaai JPS untuk mencari Pemimpin Sumbar kedepan,” pungkasnya.(**)

Bagikan