Gubernur dan Kapolda Sumbar Hadiri Panen Raya di Tanah Datar

Iwosumbar.com, Tanah Datar -Meski pandemi melanda negri, namun ketahanan pangan terus terjaga di Sumbar, seperti di Nagari Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar Rabu (8/7/2020) menggelar panen sanagari.

Panen raya pun diikuti langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Kapolda Toni Harmanto di hamparan sawah kelompok tani seluas 5 ha.

Namun secara keseluruhan panen raya terjadi areal seluas 60 ha dengan hasil produksi 5,7 ton perhektarnya.

Tampak Gubernur mengapresiasi dan rasa bangganya, karena meski dalam keadaan Pandemi Covid tidak menghalangi petani dalam memproduksi pangan terutama padi. Dan ini juga keikutan sertaan Polri dan TNI bersama pertani meningkatkan produksi pertanian dalam menjaga ketahanan pangan nasional.

“Kemaren dengan pak Kapolda Sumbar kita meninjau buah-buahan, sayur-sayuran dan hari ini panen raya padi esok juga sudah dalam rancangan kegiatan perikanan”, kata gubernur.

Padi merupakan tanaman sumber pangan utama rakyat Indonesia mutlak harus tersedia dan tidak boleh langka, kata Irwan Prayitno, Bahkan Kementerian Pertanian terus menggenjot produksi padi agar tercipta rasa aman di masyarakat. Dan Sumatera Barat merupakan daerah agraris yang 23 persen PDRBnya berasal dari sektor pertanian.

“Saat ini kita mendapat informasi panen raya dengan varitas bujang marantau dengan produksi 5,7 ton perhektar ini memang sudah baik dari rata-rata produk padi kita 5,2 ton perhektar”, ujarnya.

Irwan Prayitno menyampaikan,
Pertanian Tanah Datar saat ini cukup baik dalam Indek Pertanaman (IP) sebesar 2,7 diatas rata-rata IP Sumbar 1,8. Apa lagi pertanian Tanah Datar berpeluang mampu meningkatkan IP menjadi 3,0, tentunya akan mampu meningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama yang ada di nagari Minangkabau.

“Uang yang beredar di Sumbar berasal dari pertanian, lahan pertanian kita sangat luas. Saya bangga dalam suasana pandemi covid ini, masyarakat masih produktif disektor pertanian” ujarnya bangga.

Semoga lanjut Irwan, hasil panen ini kian menambah motivasi bagi petani untuk lebih meningkatkan baik produksi dan produktivitas pada musim tanam berikutnya.

Terakhir tak lupa Gubernur mengingat kan masyarakat Tanah Datar bahwa pentingnya menjaga kesehatan atas serangan Covid19 saat ini. (s-bh).

Bagikan