Adukan Pelanggaran di Aplikasi Polda Sumbar E-DUMAS

Iwosumbar.com, Padang- Polisi Dearah Sumatera Barat baru-baru ini meluncurkan Aplikasi bernama POLDA SUMBAR. Dalam aplikasi tersebut banyak fitur yang bisa digunakan dan bisa dimanfaatkan masyarakat.

Kabid Humas Kombes Pol Satake Bayu Setianto, S.Ik. Mengatakan Didalam Aplikasi POLDA SUMBAR tersedia khusus untuk masyarakat Sumbar adalah “E-DUMAS”

Dijelaskan nya Aplikasi “E-DUMAS” merupakan layanan untuk Pengaduan Masyarakat. Merupakan sistem aplikasi yang disediakan bagi masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan atas pelayanan yang tidak sesuai dengan standar pelayanan.

“Seperti pengabaian kewajiban dan pelanggaran larangan oleh pegawai di lingkungan Polda Sumatera Barat atau Lembaga negara lainnya”, ujarnya.

Dengan adanya E-DUMAS, masyarakat dipermudah untuk melaporkan aduan. Masyarakat hanya perlu mengunduh Aplikasi POLDA SUMBAR di Google Playstore.

Diterangkan Satake, setelah di unduh, masyarakat bisa memilih menu E-DUMAS kemudian mengisi biodata termasuk NO KTP dan NO Hanphone agar bisa memantau perkembangan laporan atau aduan, baik melalui aplikasi maupun notifikasi WA.

Dan masyarakat dapat memantau perkembangan laporan melalui menu E-DUMAS dengan memilih sub menu pencarian dengan memasukan NO KTP dan Handphone sehingga nantinya bisa melihat setatus terbaru dari perkembangan laporan.

“Masyarakat tidak perlu khawatir karena data dirahasiakan dan tersimpan secara aman”, ujarnya.

Kapolda Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH sudah mengintruksikan, agar layanan Kepolisian terhadap masyarakat dipermudah dan cepat, salah satunya dengan membangun sistem informasi terintegrasi.

Ditambahkan Kombes K. Rahmadi, MH, selaku Irwasda Polda Sumbar menyarankan agar masyarakat mendownload Aplikasi POLDA SUMBAR tersebut, karena selain fitur pengaduan masyarakat juga tersedia fitur lainnya, seperti Laporan Saber Pungli, Panic Button dan survey kepuasan layanan anggota Polri.

“Selain untuk pengaduan, masyarakat juga bisa melihat-lihat informasi tentang perkembangan berita seputar kepolisian juga kegiatan lainnya”, tutupnya. (s-h*)

Bagikan