BERDAULAT PANGAN di MASA PANDEMI

IWOSUMBAR.COM, PADANG – Serikat Petani Indonesia (SPI) DPW Sumbar bersama perwakilan anggota SPI Cabang Padang Pariaman akan membuat acara ‘Membangun Kawasan Daulat Pangan’, pada Peringatan Hari Pangan Sedunia 2020 yang bertepatan dengan pandemi Covid-19.

Kedaulatan pangan ini
terpatri pada pengelolaan lahan seluas 30 Ha di Tong Balau, Korong Kasai, Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai.

Lahan awal seluas 30 Ha digarap dengan perlakuan organik.

Pada acara ini juga dilakukan tanam serentak (pangan) di 5 propinsi yakni Sumatera Barat, Lampung, Yogyakarta, Jawa Timur dan Kalimantan Selatan.

Yang nanam selain yg di atas adalah Camat, Polsek, Koramil, Wali Nagari, Wali Korong, Pemuda, Perempuan Tani, seluruh ketua basis SPI, Gema Petani, Pemuda Tani, akademisi 3 universitas (Unand, UMSB dan Tamsis).

Kawasan Daulat Pangan ini bermakna bahwasanya petani sudah mampu menyiapkan bibit dan agri input secara mandiri. Sedangkan secara bentang alam antara hutan dg areal persawahan saling terhubung yg kami sebut dg sistem Agroekologi.

Acara akan dilaksanakan pada : Sabtu, 31 Oktober 2020 Pukul 10.00 s/d 12.30 wib. Di Dusun Tong Balau, Korong Kasai, Nagari Kasang, Kec. Batang Anai, Kab. Padang Pariaman. (**)

Bagikan