Kasus Hand Sanitizer, GMNI Datangi DPRD Nyatakan Sikap..

IWOSUMBAR.COM, PADANG – Terkait Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Sumatera Barat adanya dugaan korupsi dalam pengadaan Hand sanitizer. Perwakilan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Padang lakukan audensi ke DPRD Sumbar.

Kedatangan GMNI di sambut oleh anggota DPRD Provinsi Sumbar Laswardi Herman SH, yang mewakili ketua DPRD Sumbar Pada 5 Jumat Februari 2021 di ruang khusus I DPRD.

Dari LHP BPK RI ditemukan adanya indikasi pemahalan harga pengadaan hand sanitizer dan indikasi pembayaran kepada penyedia barang dan jasa yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Terkait pemahalan harga hand sanitizer tersebut yang semestinya Rp 9000,- menjadi Rp 35,000,- Hal itu mengakibatkan kerugian daerah Rp 4.9 milyar.
Selanjutnya juga di temukan dana Covid – 19 di Sumbar belum bisa di pertanggungjawabkan.

Merunjuk pada temuan – temuan tersebut, disimpulkan bahwa adanya indikasi kuat telah terjadinya penyelewengan dana Covid-19 anggaran tahun 2020. Penyelewengan dana covid ini merupakan sebuah praktik kejahatan kemanusiaan” terang Pandu .

Dikatakan, Ketika masyarakat Indonesia, Khususnya Sumbar menghadapi bencana non alam Covid-19 malah ditemukan oknum pejabat yang memanfaatkan kondisi ini untuk mencari keuntungan pribadi.

Dewan Pimpinan Cabang Padang GMNI mengambil sikap ,” yakni Mengapresiasi DPRD Sumbar atas pembentukan Pansus dan Laporan. Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Barat tentang kepatuhan atas penanganan pandemi Covid- 19 di Sumbar tahun anggaran 2020, Mendukung DPRD Sumbar beserta pansus LHP Kepatuhan Penanganan Covid -19 dalam mengungkap dugaan penyelewengan dana anggaran tahun 2020.

“Dan Kami dewan pimpinan cabang (DPC ) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) akan siap mengawal pengungkapan dugaan penyelewengan dana covid tahun 2020 di Sumbar.” Tegas Pandu .

Dalam kesempatan itu, Anggota DPRD Sumbar Laswardi Herman mengatakan pernyataan ini akan saya sampaikan kepada ketua DPRD Sumbar ” Ujar Laswardi. (rei-dw)

Bagikan