Satu Ton Rendang dari Sumbar Akan Disumbangakan Ke NTB

Iwosumbar.com, Sumbar – Sebanyak satu ton Rendang rencananya akan dikirim ke Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk membantu pemenuhan kebutuhan logistik masyarakat di Lombok yang terkena musibah Bencana Gempa berkekuatan Mg 7 SR pada tanggal 5 Agustus 2018 kemarin.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar), menggalang Gerakan pengumpulan rendang
se-Sumbar ini menargetkan dalam tempo dua hari kedepan sudah bisa terkumpul makanan masakan khas dari Minangkabau tersebut.

Wagub Nasrul Abit mengatakan, sebagai awal Pemprov telah mengumpulkan Rendang sebanyak 300 kilogram dimana rendang tersebut merupakan sumbangan-sumbangan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ujarnya.

“Jumlah sumbangan rendang yang diterima untuk sementara bervariasi banyaknya mulai dari lima kilogram hingga 20 kilogram,” kata Nasrul Abit, Selasa (7/08).

Pemprov Sumbar juga akan membuka lebar bantuan sumbangan dan kepedulian dari masyarakat terhadap korban gempa NTB, tambah Wagub.

Sementara, Kepala Biro Humas Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar Jasman menyebutkan rendang yang terkumpul nantinya akan dikirimkan langsung ke NTB dan diserahkan pada petugas yang bekerja di lapangan.

“Petugas dilapangan yang akan membagi pada masyarakat sesuai dengan kebutuhan” katanya.

Pengumpulan rendang masakan khas Minangkabau pada korban Gempa NTB tersebut merupakan inisiasi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dimana Sumbar juga pernah mengirimkan hal yang serupa pada gempa Aceh Desember 2016 lalu.

Selain ciri khas masakan dari Minang, rendang merupakan makanan yang bisa bertahan sampai satu Bulan.

Rencananya Pemprov melalui Wagub Nasrul Abit Kamis (9/8/2018) bersama rombongan akan bertolak langsung, sekalian melihat keadaan perantau keturunan Minang yang berdomisili di NTB.

“Kita berharap masyarakat keturunan Minang di NTB dalam keadaan baik-baik saja,” tutupnya.

Bagikan