Lestarikan Adat dan Budaya Minangkabau Melalui Perlombaan

Iwosumbar.com, Padang – Lomba Adat dan Budaya Minangkabau diantaranya, Pidato Adat Bahasa Minang, Lomba Pakaian Adat Asli dan Lomba Sumbang Duo Baleh digelar di pelataran parkir Kantor Kecamatan Padang Barat, Selasa (27/11)

Lomba khusus diikuti oleh para bundo kanduang kelurahan se-Kecamatan Padang Barat ini digelar dalam menjaga kelestarian adat, seni dan budaya di minangkabau.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Dian Fakri, mewakili Walikota mengapresiasi kegiatan tersebut.

Menurut Dian, lomba tersebut melihatkan eksistensi dari para Bundo Kanduang di Kecamatan Padang Barat.

“Semoga eksistensi para Bundo Kanduang di kecamatan ini dapat menjaga kelestarian adat, seni dan budaya Minangkabau di tengah-tengah masyarakat. Kalau bukan kita siapa lagi,” kata mantan Kepala Sat Pol PP itu.

Walaupun Padang sudah kota metropolitan namun dasar adat budaya kita harus dijaga. Dalam perhelatan lomba bukan pemenang yang diutamakan,
tapi bagaimana seluruh beragam adat dan budaya Minangkabau terus dilestarikan dan dipakai dalam kehidupan dikeseharianya.

Gelaran merupakan bahagian upaya Bundo Kanduang dalam melestarikan adat istiadat Minangkabau bagi masyarakat khususnya generasi muda melalui penerapan filosofi Adat Basandi Syara’-Syara’Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

“Kita berharap, kegiatan ini tak sekedar lomba semata, namun bagaimana apa yang dilombakan itu dapat kita realisasikan dan implementasikan di tengah-tengah masyarakat,” kata Dian.

Kegiatan ini dihadiri Camat Padang Barat Eri Sendjaya, Bundo Kanduang Sumbar, Bundo Kanduang Kota Padang Hj. Nurhaida Syofian, Bundo Kanduang Kecamatan Padang Barat Ny Fauziah Zainin, LKAAM Sumbar dan Padang serta pemerhati adat dan budaya lainnya. (David)

Bagikan