Lomba Marandang Kategori Provinsi Terbanyak Raih Rekor Muri

Iwosumbar.com, Jakarta – Lomba memasak randang yang digelar oleh Pemerintah Sumatera Barat mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) kategori diikuti peserta provinsi terbanyak.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum MURI yaitu, Jaya Suprana kepada Wagub Sumbar Nasrul Abit di Jakarta, Minggu malam (2/12).

Nasrul Abit dalam kesempatan menyampaikan apresiasi atas penganugrahan darj MURI, dimana merupakan motivasi untuk memajukan wisata dan menguatkan randang sebagai masakan terlezat di dunia serta aset budaya kuliner milik Indonesia.

Diketahui Lomba memasak randang diikuti oleh utusan 33 provinsi di Indonesia dengan rasa yang bermacam beda pula.

Turut hadir pada kesempatan itu, Ketua BKOW Ny. Wati, Kadis Kebudayaan, Kadis Perindag, Kadis Koperasi, Kadis Peternakan, Kadis Pertanian, Kabiro Ekonomi, Kabiro Kerjasama Rantau, Kepala Kantor Penghubung Jakarta serta beberapa tokoh masyarakat Sumbar.

Dikatakan Wagub, makanan randang saat ini merupakan kebanggaan bangsa Indonedia, khusunya makanan dari budaya Sumbar yang diakui Unesco sebagai peninggalan budaya dunia.

Ketua Umum MURI Jaya Suprana, pada sambutannya mengatakan, penganugrahan Rekor MURI dalam lomba marandang, Perhatian dan kepedulian yang begitu besar dari Pemerintah Provinsi Sumbar atas aktifitas budaya citra rasa marandang telah mampu memberikan nilai-nilai budaya kemasyarakatan, kebaikan citra rasa yang membanggakan anak bangsa di dunia internasional, sebagai makanan terlezat nomor satu di dunia.

“Semoga atas kepedulian ini randang Padang dapat lestari dan dinikmati oleh generasi ke generasi berikutnya” katanya.

Sementara hasil lomba nusantara marandang pada tahun 2018, Juara pertama diraih oleh provinsi Nusa Tenggara Barat, Juara kedua oleh provinsi Jawa Barat.Juara ketiga oleh provinsi Maluku.

Sedangkan, juara favorit I diraih oleh provinsi Banten, juara faforit II dari provinsi Kalimantan Tengah dan juara faforit III dari provinsi Riau. (**)

Bagikan