• Home »
  • HUKUM »
  • Pemko Terus Merazia Lapak PKL Sepanjang Berjualan Diatas Trotoar

Pemko Terus Merazia Lapak PKL Sepanjang Berjualan Diatas Trotoar

Iwosumbar.com, Padang – Dari enam lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) empat ikut dibantu untuk dibongkar bersama personil Satuan Polisi Pamong Praja kota Padang di jalan Parak Gadang rata Kecamatan Padang Timur, Selasa (08/01).

Penertiban akan Fasilitas Umum (Fasum) dari Pedagang liar atau kaki lima yang sering memakai badan trotoar untuk pejalan kaki dimana jelas-jelas dilarang dalam perda nomor 11 Tahun 2005 tentang Tibumtranmas, Semua fasum yang digunakan sebagai tempat untuk berjualan.

Dalam hal itu SatPol PP sebagai penegak perda berusaha terus untuk menertibkan fasilitas umum dari lapak-lapak pedagang kaki lima yang membandel serta melanggar peraturan yang telag ditentukan.

“Trotoar akan kita sterilkan secara bertahap, tidak satupun dari masyarakat yang dibolehkan mengunakan fasum untuk berjualan” cetus Yadrison pada media.

Dikatakan Yadrison, sebelum dilakukanya penertiban, petugas sebelumnya telah memberikan surat teguran pertama hingga sampai surat perintah bongkar sendiri kepada PKL yang mengunakan fasum tersebut.

Dalam penertiban tersebut petugas Satpol PP juga melibatkan TNI Polri yang tergabung dalam SK4 serta Pihak Kecamatan Padang Timur supaya penertiban dapat berjalan aman terkendali.

“Dalam penertiban berjalan lancar dan aman, semoga masyarakat kita semakin bijak dalam memilih tempat untuk berjualan”, terang Yadrison.

Sementara Delsiah (51), salah seorang warga yang menyaksikan berlangsungnya pembongkaran mengatakan kalaulah dirinya merasa bangga sudah mendapatkan pemimpin kota yang amanah dan adil.

“Wali Kota awak hebat beliau juga amanah, sudah membuat Kota Padang menjadi rancak dan juga membangun trotoar untuk penyandang disabilitas”, Katanya.

Dan dirinya berharap kepada Pemko Padang untuk bisa pula membangun trotoar yang indah seperti trotoar di Pasar Raya dan Permindo agar tidak dijadikan sebagai tempat meletakkan barang dagangan para PKL nakal. (**)

Bagikan