• Home »
  • HUKUM »
  • KI Periode 2019-2023 Dilantik, Semoga Sumbar Lebih informatif

KI Periode 2019-2023 Dilantik, Semoga Sumbar Lebih informatif

Iwosumbar.com, Sumbar – Lima komisioner Komisi Informasi (KI) terpilih periode 2019-2023 dilantik oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dilaksanakan di Aula Kantor Gubernur, Senin (11/2).

Di antara lima komisioner terpilih ada dua incumbent yang bertahan yakni Adrian Tuswandi dan Arfitriati sedangkan tiga lainnya baru yaitu Nofal Wiska, Tanti Endang Lestari dan Arif Yumardi.

Selain mengucapkan terima kasih atas dedikasinya pada komisioner KI yang lama Irwan Prayitno juga mengucapkan selamat pada Komisioner terpilih saat ini.

“Selamat kepada komisioner yang baru dilantik, Adrian Tuswandi, Noval Wiska, Tanti Endang Lestari, Arif Yumardi dan Arfitriati semoga amanah menjalankan tugas dan bisa mengedepankan keterbukaan informasi sesuai dengan UU No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik” kata Irwan Prayitno.

Pelantikan KI dihadiri Wakil Ketua KI Pusat Hendra J Kede, Ketua KPU Sumbar, Amnasmen Anggota DPRD Sumbar HM Nurnas, Ketua KPID Afriandi serta komisioner periode pertama Sondri dan Yurnaldi, juga hadir unsur Forkompimda dan ratusan undangan lainya.

Wakil ketua KI Pusat Hendra J Kede meminta kepada seluruh komisioner KI Sumbar untuk terlaksananya quasi eksekutif terhadap pemerintahan dengan keterbukaaan informasi yakni transparansi, aksesbilitas dan partisipasi masyarakat.

Setelah pengucapan sumpah jabatan dan pemasangan pin bergilir para undangan memberikan ucapan selamat termasuk dari rekan media yang hadir, diketahui Adrian Tuswandi (toad) dan Nofal Wiska yang juga mantan Jurnalis.

Selesai pelantikan di aula Gubernur para Komisioner terpilih siangnya langsung menggelar rapat pleno pertama dengan agenda pemilihan ketua dan wakilnya dan bidang masing-masing yang berlangsung alot dan melalui voting,di kantor KI Sumbar yang disaksikan langsung oleh Kadis Kominfo Yeflin.

“bisa bekerja dengan kompak dan solid serta menjaga harmonisasi dengan stakeholder terutama Diskominfo Sumbar yang ditugaskan oleh UU 14 tahun 2008 memfasilitasi administrasi dan penyediaan anggaran KI Sumbar,”ujar Yeflin.

Dan pleno pertama dipimpin Arif Yumardi dengan agenda pemilihan ketua dan wakil ketua serta pembidangan KI Sumbar, berlangsung alot dan dilaksanakan lewat voting.

Dalam voting terpilih Adrian Tuswandi menjadi ketua untuk periode 2019-2023 dan Nofal Wiska menjadi wakilnya.

Sementara Komisioner yang membidangi kelembagaan terpilih Tanti Endang Lesstari, Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi Arfitriati dan Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Publik Arif Yumardi,” ujar Arif. (**)

Bagikan