300 an Peserta Meriahkan dan Semarakan Festival Sarung Harmoni

IWOSUMBAR.COM, PADANG – Forlop Harmoni Indonesia pusat yang diketuai oleh Bapak Firdaus Ali dan Koordinator Umum di Sumatera Barat (Sumbar) Dicky Syambara, kembali mengadakan gerakan Nasional, Festival Sarung Harmoni Indonesia, dilaksanakan pada hari minggu Tanggal 03 Maret 2019 bertempat di Hotel Ranah Bundo Jl. MH Thamrin nomor 81 Padang.

Festival Sarung Harmoni diikuti sebanyak 300 orang peserta terdiri dari Ormas, LSM dan OKP serta komunitas peduli UKM, Kali ini Tim Harmoni Indonesia melaksanakan gerakan Budaya sarung.

Festival sarung juga dibarengi dengan diskusi kebangsaan dengan judul “MEMBUMIKAN BUDAYA SARUNG DEMI KEJAYAAN KEBUDAYAAN NUSANTARA BERSAMA HARMONI INDONESIA ”.

Kegiatan tersebut dilakukan serentak bertepatan dengan kegiatan yang dilaksanakan di Jakarta dihadiri oleh Bapak Presiden Joko Widodo.

Sarung adalah identitas Budaya Bangsa Indonesia kata Ibu Fetty Azizah yang merupakan supporting dan ketua Umum Forlop Padusi Harmoni Indonesia. Beliau juga inisiator Budaya sarung untuk digalakkan kembali di Indonesia.

“Sarung adalah salah satu produksi dari UKM menengah kebawah yang harus disuport oleh pemerintah apalagi di Sumatera Barat” ujar Ibuk Fetty yang juga asal Minang kelahiran Batu Sangkar Tanah Datar.

Menurut Ketua Umum Harmoni Indonesia Bapak Firdaus Ali Budaya ini akan dilaksanakan di seluruh pelosok negri di Indonesia. dan mudah mudahan Sarung akan menjadi salah satu ikon Bangsa selain peci (Kopiah).

Dalam kesempatan itu juga dibarengi diskusi dengan Bapak H. Ramal Saleh Ketua Kadin Sumatera Barat,  dan menyampaikan sangat berterima kasih kepada inisiator dan kepada Bapak  Presiden Joko Widodo karena sarung salah satu produk UKM lokal di Sumatera Barat akan kembali hidup.

“Kain sarung merupakan ciri khas yang tidak bisa dipisahkan. Dari kecil anak muda di Minangkabau selalu membawa sarung ke surau untuk mengaji dan di acara acara adat sarung juga dipakai sebagai salah satu pelengkap” katanya.

Dicky Syambara, sebagai Koordinator Umum Forlop Harmoni Indonesia di Sumbar mengatakan, bahwa kegiatan ini akan selalu dihidupkan setiap tahunnya.

“Bersama Tim Harmoni Pusat kita akan gerakkan sampai kepolosok  nagari, desa dan surau. mudah mudahan dengan perhatian Bapak Presiden dan Pemerintah Pusat ini akan berlanjut untuk Indonesia maju dan berkarya. untuk bangsa” Pungkasnya. (rel)

Bagikan