Kelompok Diving UBH Tanam 1000 Bakau Peringati Hari Bumi

(ket foto, Diving Proklamator UBH Peringati Hari Bumi di Manjuto, Indrawadi)

Iwosumbar.com, Sumbar – Sejumlah mahasiswa Universitas Bung Hatta (UBH) dari Unit Kegiatan Kemahasiswaan Diving Proklamator bersama dengan Andespin dan Relawan Teknologi Informasi Nagari Kito Sungai Pinang, peringati Hari Bumi dengan menanam tanaman bakau (Mangrove) di kawasan Pantai Manjuto Nagari Sungai Pinang, Tarusan Pesisir Selatan, Minggu (21/4) lalu.

Fika, ketua pelaksana kegiatan mengatakan, datangnya ide menanam mangrove di kawasan itu, selain dikarenakan daerah tersebut sedang berkembang sebagai tujuan wisatawan, juga karena di lokasi tersebut sangat cocok, diharapkan kedepan nya bisa berkembang juga sebagai salah satu daerah wisata mangrove.

Selain aksi menanam bakau dilakukan mahasiswa unit Diving Proklamator sebelumnya menggelar latihan diperairan terbuka di pantai Manjuto, hal itu lanjutan dari latihan rutin yang digelar setiap hari Minggu di kolam renang jelang persiapan sertifikasi selam.

Sedangkan kegiatan lainnya melakukan bersih-bersih pantai di Pantai Sungai Pinang bersama-sama dengan pemuda setempat dan anak-anak rumah baca ANDESPIN.

“Kita harus melibatkan banyak pihak selain silaturahmi juga sharing informasi terkait lingkungan, karena untuk menjaga lingkungan harus melibatkan banyak pihak” katanya pada media ini. (25/4)

Dengan semakin banyaknya pihak terlibat dan berharap mereka juga semakin peduli, ikut merawat tanaman mangrove yang ditanam bersama-sama dan kebersihan lingkungan, karena merekalah yang paling dekat dengan lokasi, tambah Fika

Diving Proklamator tidak akan berhenti setelah menanam mangrove saja nantinya juga akan ikut bersama-sama lagi melakukan perawatan sampai tumbuh baik.

Sementara itu David Andespin pengelola rumah baca Andespin menyebutkan, sebelumnya kegiatan yang sama juga digelar dengan beberapa wisatawan asing dari Perancis yang berwisata di Sungai Pisang beserta beberapa komunitas-komunitas lainnya.

“Kami juga menyediakan bibit dilokasi penanaman, dan bagi siapa yang ingin berpartisipasi, dengan tangan terbuka kami tunggu”, terang David. (**)

Bagikan