Garin Nugroho Gandeng Nan Jombang Untuk Pentas Seni di Singapura

Iwosumbar.com, Padang – Sutradara kawakan Garin Nugroho, menggandeng Nan Jombang, bekerja sama dalam penampilan pentas seni koreografi dan Workshop di Singapura pada 29 Juni Mendatang.

Hal itu dikatakan Garin Nugroho pada media ini ketika dirinya hadir dan menyaksikan Festival Nan Jombang tanggal 3 (FNJT3) menampilkan kesenian Kuno “DIKIA PAUH” di ladang Tari Nan Jombang, Belakang perumahan Polda Balai Baru pada Jumat (3/5) malam.

Kekayaan budaya dan tradisi Minangkabau salah satu yang menjadi daya tarik bagi Garin Nugroho, tampak dirinya begitu serius menyaksikan hingga akhir pementasan kesenian Kuno Dikia Pauh di gelar.

Hadirnya Garin Nugroho di Ladang Nan Jombang Kota Padang, Sumatera Barat tak lain adanya perjanjian kerjasama antara dirinya dengan Nan Jombang pimpinan Eri Mefri tersebut.

Menurut Garin, Nan Jombang salah satu bukti dari kekuatan dan spirit pengetahuan, keterampilan budaya di Minang dan menjadi dialog dunia.

“Wilayah Minang tradisi berdialog dan berpantun menjadi bagian penting dalam kebudayaan nya. Warisan harus selalu di eksplorasi dan di rawat”, terangnya. Jumat malam (3/5).

Dikatakan Nya, dengan nan Jombang sudah cukup lama tau, namun dalam kerja sama kali ini mereka akan membuat pertunjukan dengan kelompok melayu (Nadi) terbesar, dan akan membuat pentas musikal teater yang berjudul patih yang akan digelar di Singapura pada tanggal 29 juni.

“Teman-teman di Singapura memerlukan sesuatu yang disebut koreografi dan Workshop, Nan Jombang akan beri pelatihan bagi teman-teman muda melayu disana” katanya.

Selain saling menyatukan dialog dan sharing, Saatnya rumput melayu bagian suatu sejarah besar di asia.

Kerjasama dengan nan Jombang sendiri melibatkan dua peran yaitu Pelatihan koreografi, dan Workshop, dikhususkan koreografi untuk teman-teman di Singapura.

Garin Nugroho mengatakan, akan bekerja sama lagi dengan nan Jombang tahun depan, terkait dengan budaya dan tradisi silat serta syuro.

Diketahui Garin telah cukup banyak membuat karya film mengenai budaya daerah di Indonesia, seperti, Papua, Bali Jawa dan kelompok lainya.

Dia juga mengatakan ada niat buat film kerjasama dengan nan Jombang di Ranah Minang namun belum ada kesempatan.

Garin Nugroho Riyanto dikenal dengan Garin Nugroho merupakan salah satu produser dan sutradara Indonesia yang populer.

Namanya mulai dikenal luas setelah film bernama Cinta dalam Sepotong Roti. Disusul film Surat Untuk Bidadari membawa namanya ke panggung film internasional.

Bahkan sebuah karya yang terkini film berjudul “Kucumbu Tubuh Indahku” menjadi kontroversi di beberapa daerah bahkan sampai di boikot. (**)

Bagikan