Cindua Satu Minuman Yang Favorit Ketika Berbuka Puasa

Iwosumbar.com, Padang – Cindua atau Cendol, merupakan satu dari minuman kegemaran oleh masyarakat di Indonesia, tak terkecuali di Padang dan pada Ramadhan kali ini minuman tersebut kembali diburu.

Di Kota Padang sendiri minuman ini dijual di banyak titik Kota, dengan menggunakan gerobak beroda atau motor yang dimodifikasi sehingga mudah dibawa kemana saja.

Cendol atau Cindua sendiri berbahan dasar dari tepung sagu aren kemudian dicampur dengan tepung beras lalu diberi pewarna makanan yang berasal dari getah gambir sehingga berwarna merah.

Sedangkan untuk warna hijau karena diberi pewarna dari daun pandan namun jangan khawatir semua bahan dijamin berbahan alami.

Menurut Farida, disetiap bulan puasa, untuk menyambut saat berbuka datang dirinya selalu Menyediakan Cindua di meja makanya sebagai pelengkap hidangan.

“Cindua banyak pula macam isinya dan ada yang disebut cindua saja atau Cindua langkok” terangnya.

Cindua Langkok sendiri sedikit berbeda, dimulai dengan memasukkan Ampiang (beras puluik / pulut yang ditumbuk pipih), gulo anau (gula aren yang diencerkan), Cindua yang sudah dimasak dengan santan, ditambah dengan lopis dan durian. Pastinya diaduk dengan Es Batu.

Bahkan saat bulan puasa datang, penjualan Cindua Langkok lebih laris dari hari biasanya. Ini dikarenakan banyaknya orang yang ingin menikmati kesegaran Cindua Langkok setelah seharian berpuasa.

“Minuman ini juga memiliki nilai sejarah, Cindua Langkok ini sudah ada dan telah dinikmati semenjak awal Indonesia merdeka” pungkas farida. (**)

Bagikan