• Home »
  • HUKUM »
  • Bukan Molor, Proses Perlu Waktu Panjang Menyelesaikan Persoalan

Bukan Molor, Proses Perlu Waktu Panjang Menyelesaikan Persoalan

(Ket foto, Surya Efitrimen, Ketua Bawaslu Sumatera Barat)

Iwosumbar.com, Padang – Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Hasil Perolehan Suara Pemilu Tahun 2019 Tingkat Provinsi Sumatera Barat. Berjalan Alot sehingga terjadinya Renvoi (pembetulan/perbaikan) disetiap Kabupaten dan Kota.

Rapat Pleno yang dilaksanakan di Pangeran Beach Hotel Padang, dijadwalkan semula tanggal 8-10/5 Akhirnya molor hingga tanggal 12/5-2019.

Menanggapi hal itu Ketua Bawaslu Sumatera Barat, Surya Efitrimen mengatakan, jika melihat proses yang telah dilakukan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar telah membuat suatu proses yang sangat transparan, Katanya.

Setiap proses yang telah dilakukan ditingkat bawah, Kabupaten /Kota terhadap hal-hal yang tidak sesuai dilakukan koreksian sebagaimana tadi disampaikan adanya renvoi pada tiap daerah.

“Artinya memang ada prosedural dalam proses rekapitulasi Provinsi memperbaiki terhadap kalau ada kesalahan-kesalahan yang terjadi pada proses ditingkat bawah” terangnya.

Surya Efitrimen sendiri mengapresiasi apa yang telah dilakukan KPU Sumbar, dalam suasana yang terbuka, transparan terhadap proses yang telah dilakukan.

“Sehingga nya setiap saksi peserta pemilu yang hadir bisa menyampaikan persoalan-persoalan dan keberatan, termasuk saran saat proses rekapitulasi” katanya.

Berkaitan dengan molornya rekapitulasi dua hari dari semula tanggal 8-10/5 hingga akhirnya tanggal 12/5 harus terselesaikan.

Surya Efitrimen menganggap itu bukan sesuatu Kemoloran tapi sebuah proses transparan yang sangat terbuka sehingga memerlukan waktu lebih panjang untuk menyelesaikan Persoalan-persoalan. (**)

Bagikan