Education USA-Aceh Sasar Mahasiswa UNP untuk Melanjutkan S3 di Amerika

Iwosumbar.com, Padang — Rabu (15/5/2019) Adviser Education USA Aceh, Lilis Su’adah difasilitasi Unit Penunjang Teknis Layanan Internasional Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar presentasi tentang “Talking the Right Step to US Education” di Ruang Sidang Senat Lt 4 Rectorate and Research Center, Kampus Air Tawar, Padang, Jln Prof Hamka.

Acara dibuka oleh Wakil Rekttor4, Prof Syahrial Bakhtiar hadiri kepala UPT Layanan Internasional UNP, Ananda Putra, PhD dan 50-an calon mahasiswa S3 dan para dosen muda lainnya.

“Sebagai salah seorang alumni OHIO State University, saya mendorong para mahasiswa bercita-cita menjadi doktor(S3) di Amerika. Untuk itu perlu mendengar informasi dari Adviser Education USA Aceh ini ibu Lilis Su’aidah,” ujar Wakil Rektor 4, Prof Syahrial Bakhtiar disaat membuka presentasi tersebut.

Prof Syahrial Bakhtiar mengisahkan sekilas pengalamannya semasa kuliah di Amarika, guna memotivasi mahasiswa. Bahkan dia menyatakan masalah bahasa Ingris bukanlah menjadi kendala, karena kalau bertekad belajar bahasa Ingris dengan baik selama 6 bulan diyakininya bisa.

Sementara itu, Lilis Su’aidah mengatakan tak perlu takut bercita-cita menjadi doktor (S-3) meski hanya memiliki gelar sarjana strata-1. Ternyata di Amerika Serikat tak perlu harus memiliki gelar master (S-2) untuk mendaftar program doktor.

Dituturkannya, setiap calon mahasiswa harus mampu membuktikan dirinya layak diterima karena memang dia memiliki kompetisi yang berbeda dan sesuai dengan jurusan tersebut. Untuk mendapat gelar master dan PhD dari Amerika perlu usaha keras untuk mendapat beasiswa doktor.

“Setiap calon mahasiswa harus mampu membuktikan dirinya layak diterima karena memang dia memiliki kompetisi yang berbeda dan sesuai dengan jurusan tersebut.

Seperti diketahui jenjang tertinggi dalam tingkat pendidikan yaitu S3 atau program doktoral, karena dengan S3 mereka bisa menjadi peneliti atau dosen. Bercita-cita dan bermimpi untuk bisa melanjutkan program S3 di luar negeri adalah harapan dari banyak orang.

Namun beberapa dari orang sudah merasa takut dan khawatir sebelum mencobanya, atau istilahnya kalah sebelum berperang, Education USA-Aceh hadir di UNP untuk menyampaikan berbagai informasi dan peluang beasiswa di Amerika. (Humas UNP/Agusmardi)

Bagikan