• Home »
  • EKONOMI »
  • 5 hari Libur Lebaran 2,1 Juta Orang Kunjungi Lokasi Wisata di Sumbar

5 hari Libur Lebaran 2,1 Juta Orang Kunjungi Lokasi Wisata di Sumbar

(ket, foto lokasi Pemandian Serasah Bonta 50 Kota Payakumbuh)

Iwosumbar.com, Padang – Terhitung tanggal 5 – 9 Juni tercatat sebanyak 2.146.749 wisatawan sudah terdata yang mendatangi ke tempat-tempat lokasi wisata di Sumatera Barat.

Dinas Pariwisata Propinsi telah menghimpun laporan kunjungan wisatawan dari Kabupaten dan kota di Sumbar dan itu belum termasuk dari objek wisata-wisata dari Kepulauan Mentawai yang belum sempat mengirimkan data.

Demikian dikatakan Wakil Gubernur Nasrul Abit via pesan Whastaapnya disela kesibukan Nya di Padang, Senin (10/6).

Berikut data yang diterima, kabupaten Pesisir Selatan kunjungan paling tinggi sebesar 795.747 wisatawan, Kota Padang sebanyak 330.000, di susul Kota Pariaman 226.993 dan Kota Bukittinggi 192.242 wisatawan.

Sedangkan kunjungan dari wisatawan mancanegara (Wisman) hanya sebanyak 264 orang. Dan diperkirakan uang beredar selama lima hari tersebut sebesar Rp214 Miliar, dengan perhitungan kebutuhan makan minum rata-rata Rp100 ribu orang/perhari.

Nasrul Abit menyampaikan, mahalnya tiket pesawat, salah satu faktor berkurang nya pengunjung, jika dilihat dari kedatangan pengunjung ke Sumbar lebih memanfaatkan jalan darat, Bus/mobil pribadi.

Dikatakan Nya kunjungan wisatawan hanya 30 persen saja yang berbayar masuk ke lokasi wisata. Perlunya perhatian dari kepala daerah untuk lebih serius lagi untuk tingkatkan kunjungan, sehingga dapat mendorong peningkatan pemasukan daerah, juga mendorong aktifitas perekonomian masyarakat lebih baik lagi.

“Kita memang merasakan ada kemacetan luar biasa selama 5 hari, karena jumlah kunjunganya tinggi, sementara prasarana jalan tidak ada pengembangan dan tidak memadai untuk kondisi menghadapi kunjungan wisatawan tersebut”, tutup Wagub (**).

Bagikan