Ketua MUI Sumbar Gusrizal Gazahar Serukan Babaliak Basurau

Iwosumbar.com, Padang – H. Gusrizal Gazahar Lc M, Ag, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumatera Barat, Merupakan salah satu diantara tokoh yang gigih menganjurkan program Babaliak Basurau (Kembali ke Surau).

Untuk mewujudkan itu, Ia sudah memulainya. Yaitu melalui Surau Gusrizal Gazahar yang beralamat di Jalan Bypass Loweh, Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi. Surau yang dibangun dengan kerjasama jamaah yang sudah bersama-sama sejak 2003 lalu

“Hari Senin sampai Kamis saya di Padang, Jumat sampai Minggu saya di Bukittinggi. Saya ada di surau itu. Jamaah dan masyarakat bisa menemui saya di sana,” ujarnya. Didepan seribuan jamaah, Ketika didaulat menjadi Khatib Shalat Idul Fitri 1440 H di lapangan Rectorate Gedung UNP Rabu (5/6) kemarin.

Banyak pesan dakwah yang disampaikan Nya diantaranya tentang ilmu fikih baik yang didalaminya melalui halaqah Syaikh Sayyid Sabiq pengarang Fiqh al-Sunnah.

Bahkan ia menceritakan pengalamannya menimba ilmu langsung kepada Ketua Lajnah Fatwa Al-Azhar yang digelari Malik al-Fatwa (Raja Fatwa) yaitu Syaikh Athiyah Shaqr.

Pria yang akrab dipanggil Buya GG (Gusrizal Gazahar) ini juga seorang yang ahli dibidang ilmu fikih, baik yang didalaminya melalui halaqah Syaikh Sayyid Sabiq pengarang Fiqh al-Sunnah.

Sementara Fiqh al-Sirah adalah di antara ilmu yang berada di luar konsentrasi formal perkuliahan namun sangat disenanginya. Syaikh Muhammad al-Ghazali merupakan ulama Mesir yang ditemui oleh GG dalam mendalami ilmu tersebut.

GG mengambil program pascasarjana di IAIN Imam Bonjol Padang dan lulus pada tahun 2003. Saat ini, ia sedang menyelsaikan program doktoral di UIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru dan IAIN Imam Bonjol Padang. (Ag)

Bagikan