Pantai Mapaddegat Bakal Ramai Dengan Kegiatan Jambore BPBD ke-VI

Iwosumbar.com, Mentawai – Kawasan Pantai Mapaddegat Sipora Utara bakal ramai kembali, sebab akan dijadikan lokasi untuk kegiatan Jambore tahunan yang di ikuti oleh Kegiatan Siaga Bencana (KSB) Se-Sumatera Barat.

Yusuf Hadisumarto, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, untuk tahun 2019 BPBD Mentawai ditunjuk menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan kegiatan Jambore Ke VI tingkat Sumbar, direncanakan pada tanggal 22 hingga 26 Juli 2019.

“Mentawai menjadi tuan rumah jambore ini, atas juara umum tahun 2018 lalu yang digelar di pantai Carolina Bungus Padang, jadi keputusan setiap daerah yang menjadi juara nantinya akan menjadi tuan rumah berikutnya,” Kata Yusuf di Tuapejat, (4/7)

Selain untuk meningkatkan kapasitas, juga bakal digelar pelatihan atau pembinaan-pembinaan kepada seluruh KSB di desa maupun nagari se-Sumbar.

“Selain pelatihan juga ada macam kegiatan lomba yang diadakan seperti, lomba management posko, teknis fasilitasi, dan kuis penanggulangan bencana, jika
tahun lalu ada 5 perlombaan kini dikurangi mejadi tiga saja”, Ujar Yusuf

Lebih rinci Yusuf menjelaskan, setiap kontingen terdiri dari 13 orang peserta, direkrut dari hasil dampingan ASB, Mentawai sendiri dari Bosua 2 orang, Goiso Oinan 2, Tuapeijat 4, Pasakiat taileleu 2, Sipora Jaya 2, pramuka 1 orang, dan ditambah pendamping 2 orang.

Terkait tempat dan fasilitas, Yusuf memastikan penyelenggaraan Jambore BPBD Se-Sumbar tetap dilaksanakan di kawasan pantai Mapaddegat.

“Sesuai kesepakatan rapat, juga tidak sejauh di Goiso Oinan apalagi ada masalah dengan persediaan air, Mapaddegat sangat layak untuk menggelar Jambore”, tutup Yusuf. (S)

Bagikan