Tank Sejarah Bekas Operasi Trikora Mejeng Hiasi Pantai Padang

Iwosumbar.com, Padang – Wisata Kota Padang semakin menarik ada yang beda, yaitu sebuah Tank type AMX-13 APC buatan Perancis tahun 1946, bekas digunakan TNI dalam operasi Tri Komando Rakyat (Trikora) di Papua tahun 1961-1962. Mejeng di tepi Pantai.

Tank tersebut pemberian dari Pangdam l / Bukit Barisan, sengaja didatangkan dari Kota Medan, tiba di Padang melalui jalur darat, tiba Minggu (7/7) siang. Kehadiran tank ini pun diyakini akan menghiasi objek wisata Pantai Padang sebagai destinasi wisata baru.

Tank rakitan Perancis itu diterima Wali Kota Mahyeldi dari Danyon Kavaleri 6/Naga Karimata, Mayor Kav. Jackie Yudha, sewaktu mengunjungi Batalyon Kavaleri 6/Naga Karimata, Kota Medan, Sumatera Utara 19 Juni 2019 lalu.

Sebagaimana pada kesempatan itu Wali Kota turut menghadiri undangan Upacara Ulang Tahun Komando Daerah Militer (Kodam) I/Bukit Barisan (BB) ke-69 di Lapangan Upacara Makodam I/BB, Medan.

“Alhamdulillah akhirnya tiba di Padang hari ini. Berangkat melalui jalur darat dari Medan menuju Padang sejak Jumat (5/7) lalu,” kata Kadispora Mursalim sewaktu menerima kedatangan tank.

Dan selanjutnya Tank yang telah dihapus dari aset Batalyon 6/karimata itu akan diletakkan di pinggir Pantai Muaro Padang depan bekas Kantor Disbudpar.

Keberadaan Tank diharapkan dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya menjadi edukasi bagi masyarakat khususnya generasi muda dalam menumbuhkan semangat nasionalisme dan bela negara.

“Atas Pemerintah Kota Padang, kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Pangdam 1/Bukit Barisan dan jajaran yang telah memberikan kami tank ini. Demikian juga pada Danrem 032/Wr dan Dandim 0312/ yang telah memfasilitasi sehingga tank ini bisa diperoleh dan dibawa ke padang,” katanya.

Diketahui Tank tersebut diproduksi massal pada periode 1952-1987 yang saat ini tersebar dan digunakan oleh beberapa negara di dunia. (Da)

Bagikan