Kunjungan Rektor UNP di Malaysia Hasilkan 52 Kerjasama

Iwosumbar.com, Padang – Sejak ditunjuknya Prof Dr Datuk Sri Alex Ong. Ketua Pengarah Malindo MBCC Asia sebagai Ketua Perwakilan Alumni Universitas Negeri Padang (UNP) di Malaysia beberapa waktu lalu, hubungan UNP dengan MBCC Malindo berjalan dengan baik.

Kunjungan Rektor Prof Ganefri dan rombongan ke Malaysia, Selasa (9/7) pun membuahkan hasil dengan penandatanganan kerjasama (MoU–red) dengan 52 perusahaan.

“Kunjungan Rektor dan rombongan menjadi tonggak baru bagi penciptaan lapangan kerja bagi mahasiswa dan alumni UNP dimasa mendatang di Malaysia. Sebanyak 52 perusahaan di Malaysia akan memberikan kesempatan pelatihan singkat kepada mahasiswa dan alumni terkait peningkatan kompetensi kemahiran dan berbagai bidang yang dibutuhkan dunia industri,” ujar Datuk Sri Alex Ong, Rabu (10/7).

Sebagai negara serumpun, Indonesia dan Malaysia memiliki kesamaan, apalagi dengan Sumatera Barat. Atas kesemaan itu, dalam pertemuan Rektor UNP dan rombongan itu dengan Ketua Pengarah MBCC Asia Prof Alex Ong juga disaksikan Yang Berhormat Senator (Ketua DPD–red) Datuk Seri Haji Abdul Halim bin Abdu Samad di Wisma Malindo No 8 Lorong Pandita 4 Taman Connaught 56000, Cheras Kuala Lumpur, Selasa (9/7).

“MBCC Asia telah memfasilitasi kerjasama UNP dengan 52 perusahaan di Malaysia untuk dapat dimanfaaatkan mahasiswa dan alumni UNP sebagai peluang meningkatkan kompetensi untuk bekerja di negara serumpun Malaysia,” tutur Prof Ganefri.

Atas kerjasama dengan 52 perusahaan tersebut, Prof Ganefri menyampaikan ucapan terimakasih kepada Prof Sri Alex Ong. Ia mengatakan bahwa kunjungannya ke Kuala Lumpur, Malaysia, selain dalam mengukuhkan kerjasama dengan berbagai perusahaan industri juga merupakan lawatan akademik ke berbagai perguruan tinggi di Malaysia.

“Bapak Senator, saya ingin mengucapkan terimakasih atas dukungannya yang memungkinan saya dan rombongan bekerjasama dengan 52 perusahaan. Sebagai tambahan dari kunjungan kami juga melakukan lawatan ilmiah ke berbagai universitas di Malaysia,” ujar Ganefri.

Untuk diketahui, iring-iringan kenderaan rombongan Rektor UNP sesampai di Bandara Internasional Kuala Lumpur, ketibaanya disambut jemputan MBCC Malindo Asia dan dilanjutkan dengan jamuan makan malam di Wisma Malindo.

FPP UNP dan Universitas Teknologi MARA MALAYSIA Tingkat Kerjasama

Pada kesempatan lain, dalam kunjungan pimpinan UNP ke negara Malaysia, sehari sebelumnya juga dilaksanakan pertemuan dua pimpinan fakultas pariwisata dan perhotelan berbeda negara yakni Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang (FPP UNP) dan Faculty of Hotel and Tourism Management Universiti Teknologi MARA Puncak Alam (UiTM) berlangsung di Kampus UiTM, Senin (8/7/2019).

Pertemuan membuahkan hasil penandatanganan kerjasama (MoU–red) dalam join kurikulum dan penelitiaan, pertukaran mahasiswa dan dosen antara kedua fakultas.

Kedua belah pihak memandang pertukaran mahasiswa dan dosen antara dua fakultas itu berpotensi untuk dikembangkan dan ditingkatkan. Hal itu ditandai dengan saling kunjung pejabat kedua fakultas dalam upaya peningkatan kapasitas kerjasama.

“Sebenarnya kerjasama itu lintas universitas, namun penandatanganan MOU antara Rektor UNP dgn Rektor UiTM, diawali dulu dengan MOU antara Dekan FPP UNP dengan Dekan Fakulty of Hotel and Tourism Management UiTM di Malaysia. Kerjasama itu dalam Join Curriculum dan Join Research serta Student Exchange dan Lecturer Exchange,” ujar Dekan FPP UNP, Dr Ernawati, Selasa (9/7).

Sementara itu dengan Fakuliti Seni Lukis dan Seni Reka, FPP UNP juga melangsungkan penandatangan kerjasama antara dekan Fakulti Seni Lukis & Seni Reka, Prof.DR.Ruslan Bin Abdul Rahim dekan FPP UNP, Dr Ernawati yang mencakup bidang fashion.

Pertemuan telah menghasilkan dialog yang kontruktif di berbagai bidang, kedua fakultas sepakat untuk terus tingkatkan kerjasama diberbagai bidang dan mengembangkan potensi kerjasama lainya. (Humas UNP/Agusmardi)

Bagikan