Pemkot & Masyarakat Sungai Penuh Antusias Sambut TdS 2019

Iwosumbar.com, Sumbar – Ajang lomba balap sepeda dunia Tour de Singkarak (TdS) 2019 kembali akan digelar pada bulan November mendatang, memastikan rute berjalan lancar Tim TdS pun melakukan Survey ke lapangan.

Tim TdS 2019 hari ini melakukan survey jalur di wilayah Kota Sungai Penuh yang akan dilalui oleh para pembalap sepeda dimana Sungai Penuh Provinsi Jambi mendapat kepercayaan sebagai titik Start Etape 8 TdS 2019.

Pemerintah Kota Sungai Penuh pun antusias, Wali Kota diwakili
Asisten II serta kepala OPD seperti Kadis Pariwisata, Kadis Perhubungan, Kadis PU, Kadis Tarkim menyambut kedatangan Tim Survey TdS secara resmi di Balaikota, Rabu pagi 10 Juli 2019.

Menurut Asisten ll Herman, Pemko Sungai Penuh, tentunya akan memanfaatkan kesempatan berpartisipasi pada TdS ini dengan sebaik-baiknya.

“Kami tidak ingin gagal dan tidak diperkenankan lagi ambil bagian. Karena pada Perjanjian Kerjasama TdS ini sudah dicantumkan dan kami sudah komitmen untuk berpartisipasi pada TdS ini untuk 3 tahun atau 3 kali berturut-turut”. ungkapnya.

Sementara Kadis Pariwisata Kota Sungai Penuh Zulwachdi mengatakan, Wali kota Sungai Penuh telah menginstrusikan kepada Dispar untuk All Out dalam menggelar event-event pendukung TdS serta memaksimalkan publikasi dan mensosialisasikannya kepada masyarakat.

Masyarakat pun sangat excited dan menyambut gembira terselenggaranya TdS seperti Pengelola Minang Soto Yulhendri Kasim di kesempatan mengatakan, “Tentu saja kami senang Kota Sungai Penuh ambil bagian pada TdS 2019. Selain Kota kami akan makin dikenal, Hotel dan Rumah Makan juga pasti akan ramai dikunjungi”, harap Yulhendri.

Selain melewati wilayah Perkotaan, Pembalap juga akan melintasi wilayah perbukitan Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang masuk kedalam wilayah Kota Sungai Penuh dengan cuaca sejuk dan pemandangan yang indah.

“Pemkot Sungai Penuh sebagai bufferzone Kabupaten Kerinci harus bisa memaksimalkan perannya dan mengoptimalkan penyelenggaran event-event pendukung TdS,” Pungkas Hendri Agung Indrianto Kabid Pemasaran Dispar Prov. Sumbar.

Koordinator Tim Tekhnis Asep Cheppy Sulaiman menyampaikan poin-poin aspek Tekhnis disepanjang rute dengan penekanan kebersihan dan penertiban kendaraan yang parkir di bahu jalan.

“Secara umum kondisi jalan Kota Sungai Penuh sudah siap untuk dilalui TdS hanya perbaikan minor saja di beberapa titik. Kami mengapresiasi semangat OPD tehknis Pemko Sungai Penuh untuk mensukseskan TdS”, ujar Cheppy.

Nantinya Etape 8 TdS’2019 akan start di Lapangan Merdeka Kota Sungai Penuh dan Finish di Pantai Carocok Kabupaten Pesisir Selatan sepanjang kurang lebih 190 km.

Dari Lapangan Merdeka sampai ke perbatas Kota Sungai Penuh dan Kab. Pesisir Selatan sepanjang 38,8 km. Sepanjang penyelenggaraan TdS sejak tahun 2009, rekor puncak tertinggi yaitu 1400 mdpl terpecahkan pada TdS 2019 ini berada di km.15 Desa Sungai Ning Kota Sungai Penuh. (R. A) .

Bagikan