UNP dan Universitas Ba Ria Vung Tau Jajaki Kerjasama

Iwosumbar.com, Vung Tau City – Vun Van Dong PhD Wakil Rektor Universitas Ba Ria Vung Tau (UBV), menyampaikan penghargaan yang tinggi atas kesediaan Walikota Padang bersama delegasi Universitas Negeri Padang (UNP) tiba datang memenuhi undangan.

Menurut Vun Van Dong, UBV sengaja mengundang untuk menjajaki kerjasama antara Pemko dengan UBV, serta dengan universitas yang ada di Kota Padang”, ujar Vun Van Dong saat menyambut Wali Kota bersama rombongan, Jumat lalu (12/7).

UBV sendiri telah memiliki reputasi dan telah dapat penghargaan dari Presiden Vietnam, yaitu Medali Ketenagakerjaan Ketiga pada tahun 2016. Dan UBV menjadi anggota dari Nguyen Hoang Group (NHG) dan menyandang prediket sebagai korporasi swasta pertama di bidang pendidikan dan pelatihan.

“Kita mengelola sistem pelatihan mulai dari tingkat sekolah dasar sampai program doktoral. UBV fokus pada 3 disiplin ilmu; IT, Teknologi Tinggi dan ilmu-ilmu sosial”, imbuhnya lagi.

Tawaran kerjasama yang diharapkan UBV disambut baik Universitas Negeri Padang (UNP) untuk meningkatkan dan mengembangkan kerjasama yang sudah terjalin selama ini dengan universitas dari berbagai negara, seperti Singapora, Malaysia, Filipina, Thailand, Australia, Belanda dan juga Amerika.

Kepala Kantor Hubungan International UNP, Ananda Putra, Ph.D menjelaskan, UNP kini memiliki 14 ribu mahasiswa dari berbagai jurusan, dan menyediakan sebanyak 45 beasiswa diberbagai level pendidikan tinggi dan telah memiliki 15 jurusan international.

“Kita juga memiliki beberapa program beasiswa yang bisa diraih undergradute, graduate , master degree dan tingkat doktoral”, ungkap Ananda yang didampingi Ketua Program Studi Fisika UNP, Syafriani, M.Si, Ph.D.

Lebih lanjut, Ananda juga menawarkan UBV untuk mengikuti Seminar Tourism and Hospitality di Kampus UNP yang akan dilaksanakan pada bulan September 2019. Dan jika memungkinkan, bisa sekaligus ditandatangani MoU antara kedua Universitas.

Wali Kota Mahyeldi menambahkan, bahwa kerjasama U to U (Universitas to Universitas) ini diharapkan segera direalisasikan, apalagi Pemerintah RI yang diwakili KJRI Ho Chi Minh dibawah kepemimpinan Hanif Salim sangat mendukung dan berharap kerjasama Sister City antara Kota Padang dan Ba Ria Vung Tau sebagai satu-satunya yang ada dan aktif di Vietnam Bagian Selatan. (sr.Uae)

Bagikan