• Home »
  • EKONOMI »
  • Semarakan Wisata, Kaum Muda Kec. Xl Tarusan Tampilkan Seni & Budaya

Semarakan Wisata, Kaum Muda Kec. Xl Tarusan Tampilkan Seni & Budaya

Iwosumbar.com, Pessel – Semarakan wisata daerah beberapa kalangan pegiat dari Kaum Muda di Kecamatan Xl Tarusan menggelar berbagai hiburan seni dan Budaya tradisi Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada Minggu Sore (28/7).

Senja pecah di Batas kota lintas Padang – Pesisir Selatan pada Minggu sore pengunjung wisatawan yang hendak balik dari Pesisir Selatan secara tak terduga mendapatkan suguhan hiburan gratis kesenian tradisi daerah ditugu perbatasan.

Beberapa bentuk kesenian ditampilkan oleh sanggar Bayang Palito diatas panggung seperti, Randai, Silek Pisau, Tari Pasambahan, Tari Piring, Tari Salendang serta tarian lainya.

Bahkan beberapa dari pengunjung tak melepas kesempatan untuk turut serta larut dan ikut menari di sekitar panggung sambil mengabadikan momen senja yang cerah itu.

Hal ini tidak seperti biasanya, sehingga pengunjung pun rela berlama-lama di tugu perbatasan tersebut, selain bisa melepas lelah dan kantuk, mereka juga mendapat hiburan gratis yang jarang dilihat.

Zarmon, selaku ketua pelaksana, yang akrab dipanggil buya mengungkapkan, Kegiatan tersebut murni spontanitas dari kalangan muda dan komunitas Pessel, khususnya dari kecamatan Koto XI Tarusan.

“Ide mengadakan kegiatan ini hanyalah perihal keresahan pemuda tentang berkurangnya minat kaum milenial terhadap kesenian daerah”, ungkapnya.

Buya juga mengatakan kegiatan seni tersebut mendapat dukungan penuh oleh Camat dan Kapolsek Koto XI Tarusan dan komunitas Sastra Bumi Mandeh (SBM), KONSIBA, Pasan Bumi Pessel serta masyarakat sekitar.

“Target kita untuk menjadikan gerbang masuk ke-Pesisir Selatan sebagai keramahan wisata menjelang pengunjung menikmati kawasan wisata lainnya di Pessel sebagai negeri sejuta pesona” sebutnya

Buya juga mengatakan kegiatan tersebut akan terus berlangsung, tentunya tak lepas masukan dari masyarakat sekitar maupun pengunjung sendiri.

Kegiatan seni yang mengangkat tema ‘Spontanitas Action’ tersebut dibuka oleh Kapolsek Koto XI Tarusan, Iptu. MH. Thamrin. SH. Disaksikan pihak terkait dan beberapa tokoh setempat.

Dikatakan Kapolsek kegiatan positif tersebut harus didukung bersama, karena ini adalah sangat penting untuk mengenal kembali kesenian tradisi dan budaya agar generasi berikutnya tidak lupa.

“Makanya, ketika Buya (red. Zarmon) minta izin keramaian, saya langsung berikan dan memberi dukungan penuh”, ujarnya.

Camat Koto XI Tarusan Denny Anggara, ketika dihubungi melalui telpon selulernya mengatakan, sudah tau dan memberikan ijin kegiatan tersebut sedari awal kepada panitia pelaksana.

Camat termuda di Pesisir Selatan itu bahkan menginstruksikan seluruh Wali Nagari untuk mempersiapkan sanggar-sanggar di setiap kenagarian yang ada di kecamatan untuk ikut berpartisipasi. (Sulthan)

Bagikan