• Home »
  • EKONOMI »
  • BLK Padang dan BP3TKI Buka Kesempatan Kerja ke Jepang Bagi Warga Sumbar

BLK Padang dan BP3TKI Buka Kesempatan Kerja ke Jepang Bagi Warga Sumbar

Iwosumbar.com, Padang – Balai Layanan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Padang bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Padang dengan membuka kesempatan kerja ke Jepang bagi masyarakat di Sumatera Barat.

Menurut Dewi Alawiyah, pengantar kerja BP3TKI Padang, ada 14 sektor pekerjaan yang dibuka untuk bekerja di Jepang diantaranya dibidang Manufaktur, perikanan, otomotif, agriculture, perawat lansia dan masih banyak sektor lainnya.

“Pendaftar bisa langsung datang ke BP3TKI, namun yang paling dibutuhkan dari sektor tersebut adalah perawat lansia”, ujarnya.

Kebutuhan untuk tenaga perawat lansia sekitar 13 ribu orang untuk seluruh Indonesia. Pekerjaan perawatan lansia ini bisa diikuti oleh semua jurusan, tidak hanya tamatan perawat, tambah Dewi.

Bagi pendaftar yang sudah lulus seleksi akan diberikan pelatihan. Pelatihan tersebut bekerjasama dengan BLK Padang yaitu pelajaran Bahasa Jepang.

Salah satu syarat untuk bisa diterima di pekerjaan ini adalah menguasai Bahasa Jepang, minimal N4. Syarat lain, usia minimal 18 tahun dan maksimal 39 tahun.

Lebih diutamakan adalah mereka yang pernah magang atau kuliah di Jepang. Sebab, mereka tentunya telah menguasai bahasa dan budaya Jepang sehingga mudah beradaptasi.

Dewi juga memaparkan, untuk tenga perawat lansia, setelah lulus nantinya akan dikontrak selama 2-3 tahun dengan kisaran gaji 100-200 yen atau setara sekira Rp25 juta tiap bulannya. Gaji ini tergantung dari kesepakatan dengan Panti Lansia di Jepang.

Sementara, Kepala BLK Padang Syamsi Hari Mengatakan jika ingin menambah keterampilan bahasa jepang selama 3 bulan dalam rangka persiapan ke jepang dipersilahkan untuk langsung mendaftar.

“Harus mengikuti seleksi motivasi – semangat, untuk semua kejuruan seleksi pd tanggal 12 dan 13 tiap bulan nya, seluruh biaya pelatihan ditanggung oleh Kemnaker melalui Balai Latihan Kerja Padang”, terangnya. (**)

Bagikan