Wonderful Event Sumbar 2019 di Launching oleh Menpar dan Gubernur

Iwosumbar.com, Jakarta – Tiga ivent besar tingkat nasional dan Internasional seperti Pasa Harau Art And Cultural Festival, Tour de Singkarak (TDS), dan Festival Budaya Minangkabau dalam waktu dekat akan si gelar di Sumatera Barat (Sumbar)

Ketiga ivent tersebut masuk dalam 100 Wonder Event dan akan menjadikan magnet bagi wisatawan berkunjung.
Provinsi Sumatera Barat pada tahun ini telah menargetkan sebanyak 58.447 wisatawan mancanegara (Wisman) dan 8,4 Juta pergerakan wisatawan Nusantara (Wisnus).

Demikian disampaikan oleh Gubernur Sumbar, H. Irwan Prayitno ketika memberikan sambutan pada Lounching Calendar Event Tahunan (Ceo) Sumbar 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kementrian Pariwisata, Rabu sore (14/8/2019).

Launching dihadiri Mentri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Deputi Bidang Pengembangan pemasaran I Rzky Handayani, Tenaga Ahli Bidan Manjemen Calender Of Event (CoE) Esthy Reko Astuty dan beberapa kepala tingkat II Bupati dan Walikota Sumbar.

Irwan Prayitno menjelaskan pelaksanaan Lounching CeO Sumbar 2019 sebagai upaya mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan dengan mentargetkan pertumbuhan kunjungan sebesar 7,5%.

“Tahun ini Kunjungan Wisman sebanyak 54.369 orang, sedangkan tahun 2019 kita menargetkan 58.447 Wisman”, katanya.

Diharapkan melalui penyelengaraan even pariwisata akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat akan meningkat.

Ketiga even unggulan Sumbar yang masuk dalam 100 Wonder Event 2019 di antaranya Pasa Harau Art And Cultur Festival akan berlansung di kabupaten Lima Puluh Kota pada 16-18 Agustus 2019, Dalam penyelenggaraan ini akan di tampilkan antara lain harau Performing Art, Harau Adventure Run (harau berjejaring), Pacu Jawi, serta jelajah Harau/Mengejar Embun Lembah Harau.

Berikutnya Event Tour de singkarak (TDS) akan berlangsung pada 2-10 November 2019. Pada Tahun ini memasuki tahun ke 11 kalinya, yang akan melintasi Enam Belas kabupaten/kota Sumbar dan 2 Kabupaten Propinsi Jambi, terbagi dalan 9 Etape dengan total hadiah sebesar Rp 2,3 miliar.

Selanjutnya, Event Festival Pesona Budaya minangkabau akan berlangsung di kabupaten tanah datar pada tanggal 4-7 Desember 2019. Dalam Festival ini akan di tampilkan antara lain Pawai Budaya, Arakan Jamba, Makan Bajamba dan pemecahan rekor Muri untuk pagelaran Talempong Pacik terbanyak.

Mentri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengapresiasi Propinsi Sumbar mempunyai 49 event unggulan, tiga event di antaranya masuk dalam 100 Wonder Event di gelar sepanjang tahun ini di Sembilan Belas Kabupaten/kota.

Disebutkan Arief, Setiap bulan ada empat Event pariwisata berlangsung di Sumbar, banyaknya event menunjukan keseriusan para pimpinan Daerah (Gubernur/Walikota/Bupati) di Sumbar dalam memajukan Pariwisata.

“Lima puluh persen keberhasilan di daerah ditentukan oleh CEO Commitment”, kata Menpar. (*)

Bagikan