Dosen DKV Seni Rupa FBS UNP Kenalkan Papercraft Pada Anak TK Pertiwi ll

Iwosumbar.com, Padang – Anak-anak di Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi ll Kantor Gubernur Kota Padang selama tiga hari diberi pelatihan untuk pengembangan bagi matorik mereka.

Selama tiga hari (7-9/8/2019) anak tk Pertiwi ll yang beralamat di TK Pertiwi II Kantor Gubernur Kota Padang di Jalan Merpati Induk Kelurahan Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara tersebut tampak begitu riang dan bersemangat untuk bersekolah.

Betapa tidak, 4 orang dosen dari program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Jurusan Seni Rupa FBS
Universitas Negeri Padang (UNP) mengunjungi TK mereka dalam Realisasi pengabdian dari kegiatan Program Kemitraan.

Kepala sekolah tk Pertiwi ll, Nesti, S.Pd. Menyambut senang Ke-empat dosen UNP tersebut yang diketuai oleh Dwi Mutia Sari, S.Ds., M.Ds dengan anggotanya Eko Purnomo, S.Ds., M.Sn dan Rifqi Aulia Zaim, S.Pd., M.Pd.T dan Maltha Kharisma, S.Pd., M.Pd sebagai pemateri.

Menurut Dwi Mutia, dalam kegiatan pengabdian masyarakat itu sengaja menyasar ke anak-anak tk untuk membantu perkembangan motorik halus dari anak-anak tersebut.

“Mereka diajarkan bagaimana cara membuat papercraft mulai dari pengenalan hingga prosedur cara membuat barang jadinya”, ujarnya.

Sambil bermain anak-anak dikenalkan papercraft dengan cara mengenalkan fungsi gunting, kertas, lem sehingga menjadi objek yang berguna.

Sementara Eko Purnomo mengatakan, jika dari anak-anak sudah diajarkan untuk mengenal dan cara membuat papercraft nantinya mereka akan mudah untuk bisa berkarya.

“Mereka kita ajarkan seni membuat sebuah objek dari bahan dasar kertas, dengan cara menggunting, melipat dan menempel pola yang telah didesain agar dapat menjadi bentuk yang kita inginkan”, katanya.

Papercraft juga bisa dibilang pengembangan dari Origami, terang Eko Purnomo pasa media ini (14/8/2019).

Sedangkan Maltha Kharisma, S.Pd., M.Pd. Dosen Seni Rupa UNP, selaku pemateri mengatakan, pelatihan melipat papercraft memiliki tujuan untuk megedukasi anak-anak usia prasekolah sehingga dapat meningkatkan perkembangan motorik mereka.

Selain bisa membantu seni mereka juga bisa menuangkan imajinasi untuk berkarya dengan membuat mainan sendiri untuk bermain,

“Papercraft juga dapat membantu anak-anak untuk dapat mandiri sejak dini, salah satu contoh dia mampu membiasakan diri untuk melipat baju tanpa meminta bantuan orang lain”, ujarnya.

Bagikan