Pawai Alegoris Sumbar Pembangunan dan Kebudayaan

Iwosumbar.com, Sumbar – Ribuan masyarakat antusias penuhi sepanjang jalan Sudirman untuk menyaksikan pawai alegoris, salah satu rangkaian kegiatan Pemerintah Provinsi Sumbar dalam memeriahkan HUT RI ke 74 tahun 2019 ini.

Pawai dibagi dalam dua kelompok yakni kelompok non kendaraan dan kelompok kendaraaan, bertema ‘Pembangunan dan Kebudayaan’ yang melibatkan 105 instansi, dipusatkan di depan Kantor Gubernur, Minggu (18/8/2019).

Dikatakan Gubernur, Irwan Prayitno, Kegiatan tahunan tersebut bisa dimaknai sebagai upaya menumbuhkan rasa nasionalisme dan meningkatkan wawasan kebangsaan kepada masyarakat

Gubernur juga beri apresiasi bagi masyarakat yang ikut memeriahkan pawai. Kita harapkan pesan-pesan kemerdekaan sampai pada masyarakat dan generasi muda hingga kemudian dapat terdorong aktif membangun daerah, terangnya.

Di sambutanya, gubernur Sumbar juga menyampaikan bahwa pawai Alegoris Kemerdekaan RI merupakan salah satu bentuk kegembiraan dan kemeriahan pesta dalam memperingati kemerdekaan.

“Setiap peserta pawai diwajibkan mengenakan pakaian tradisional Indonesia”, Ujar Gubernur.

Defile anggota Paskibraka menjadi pembuka kegiatan pawai, kemudian diikuti marching band pilihan, pawai kendaraan Polri, TNI dan Satpol PP, pawai alegoris, pawai seni dan budaya serta pawai pembangunan.

Sedangkan pawai pembangunan menampilkan kendaraan hias yang melibatkan instansi dari pemerintah.

Kendaraan hias yang ditampilkan bertemakan keberhasilan pembangunan yang dicapai Sumbar, mulai dari perkebunan, pertanian, peternakan dan hasil dari perikanan.

Turut juga dihadiri oleh Wagub Nasrul Abit, Forkompimda Provinsi, Ketua TP PKK Nevi Irwan Prayitno, Ketua BKOW Wartawati Nasrul Abit, Kepala SKPD serta para undangan. (**)

Bagikan