Pelda Syawaluddin di Hari Kemerdekaan Bantu Sanak Terlantar

Iwosumbar.com, Sumbar – Kisah menarik dari seorang tentara bernama Pelda Syawaluddin di hari Kemerdekaan tanpa pamrih menolong anak bangsa yang terlunta-lunta di Kota besar Jakarta

Pelda Syawaluddin secara tidak sengaja bertemu seorang pemulung. Dan Kebetulan juga, berasal dari daerah yang sama dari Sumatera Barat.

Pemulung tersebut bernama Zulhendra itu ditemukan dalam keadaan lusuh dan dekil dekat kantor Kodim 0505 Jakarta Timur. Selain memberikan makanan, pakaian bersih, anggota TNI asal Padang Pariaman itu juga mengantarkan Zulhendra ke bus untuk pulang ke-kampung.

“Waktu itu pukul 06. 00 wib saya sudah di kantor, karena mau mengikuti upacara HUT kemerdekaan. Tapi dekat kantor saya bertemu pemulung yg lusuh dekil dengan kondisi yang memprihatinkan”, kata Syawaluddin.

Dikatakan Pelda Syawal dirinya sempat terkejut ternyata pemulung itu mengaku orang Minang.

“Sontak saya kaget saya tes bahasa Padang, ternyata memang bisa,” sebut Syawal, panggilan akrab TNI asal Balai baru toboh Gadang Padang Pariaman itu.

Syawal segera menghimbau pemilik warung dekat kantornya tersebut untuk memberikan makanan dan air. Selesai upacara Syawaluddin bergegas untuk kembali ke lokasi.

“Saya tanya, apakah ia ada saudara atau tempat tinggal disini. Katanya gak ada dan dia tidur di kolong jembatan,” terangnya. Lalu saya tanya, kenapa gak Pulkam aja ke padang katanya gak ada uang,” ujar Syawaluddin. Minggu (17/8/2019)

Spontan saja, karena Syawaluddin pikir lebih baik pemulung itu pulang ke-kampung karena akan banyak saudaranya disana. Daripada terlantar di perantauan.

“Lalu saya bilang kalo ada uang mau Pulkam. Iya katanya katanya,” kata Pelda Syawal yang sekarang berdomisili di sebuah perumahan di Jawa Barat.

Tidak hanya basa basi, Pelda Syawal Lalu ia membuat janji dengan pemulung itu untuk esok hari. Ia menyarankan juga akan menggunakan baju bersih.

“Saya beliin tiket bus Gumarang Jaya. Di antar naik keatas bus sampai ke bangku tempat duduk. Saya titip sama, orang bus Gumarang Jaya untuk dibantu selama di jalan,” terang anggota TNI yang bersuku Guci tersebut.

Pelda Syawal pun menunggu dan memastikan Zulhendra, pasti berangkat dengan bus Gumarang Jaya untuk pulang kampung. “Saya tunggu bus itu sampai jalan,” tegasnya.

Pelda Syawaluddin berharap semoga Zul bisa kembali berkumpul dengan sanak famili dan keluarga besarnya dikampung halaman. (**)

Bagikan