Empat Prodi UNP Kembali Menuju Sertifikasi Internasional

Iwosumbar.com, Sumbar – Mewujudkan universitas unggul di kawasan Asia Tenggara, berkualitas bidang pendidikan, penelitian serta menjadi model pembelajaran yang inovativ.

Terkait dengan hal itu, selama tiga hari kedepan, 20- 22 /2019 empat program studi di Universitas Negeri Padang (UNP) akan divisitasi oleh Akreditasi Internasional Asean University Network Quality (AUN-QA).

Rektor UNP, Prof Ganefri, PhD dalam Opening Session AUN-QA di Ruang Rapat Senat Lt 4, Gedung Rectorate, Selasa (20/8) mengatakan, perlunya memacu kualitas pembelajaran demi kualitas mahasiswa, memacu peningkatan kuantitas dan kualitas staf pengajar, penelitian, produktivitas publikasi sebagai kontribusi untuk pembangunan bangsa dan inovasi di era revolusi industri 4.0.

“Kita mendukung revolusi industri 4.0 demi membangun tata kelola universitas yang transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil”, ujarnya.

UNP juga menyelenggarakan pendidikan superior, melakukan penelitian yang sangat baik untuk diproduksi publikasi yang memiliki reputasi baik, menerapkan ilmu untuk kesejahteraan bangsa, menerapkan universitas yang baik dan juga mendorong semua pihak untuk berkomitmen pada filosofi pendidikan Universitas.

Alam Takambang Jadi Guru, Filosofi ini akan mendorong Universitas menuju tujuan yang diinginkan dan menjadi agen positif perubahan untuk negara ini, tambahnya.

Asseor AUN-QA yang berkedudukan di Bangkok, Thailand memvisitasi 4 Program Studi, yaitu Prodi Pendididikan Teknik Elektro (FT), Pendidikan Kimia (FMIPA), Pendidikan Bahasa Inggris (FBS) dan Prodi Manajemen (FE), merupakan langkah awal bagi UNP menuju International Recognation

“Visi kita jelas adalah menjadi salah satu universitas Unggul di Kawasan Asia Tenggara dalam bidang pendidikan, sains, teknologi, seni, olahraga, dan bidang vokasional,” tegas Ganefri.

Visitasi sertifikasi oleh AUN-QA ini dilakukan oleh delapan asesor Internasional dari beberapa negara di Asean yakni Prof Dr Ngo Van Thuyon (Hi Chi Minh City of Technology and Education), Prof Dr Kiran Kaur (University of Malaya) untuk prodi Manajemen, Prof Chavalit Wong (Mahidol University Bangkok), Dr Nguyen Huy Phuc (Industrial University of Ho Chi Minh City).

Sedangkan untuk prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prof Marilou G Nicolas (Philipna) dan Prof Dr Ajaree Supasteekul (Thailand) untuk Prodi Pendidikan Kimia serta Prof Dr Evangeline P (Philipina) dan Suwat BMD (Thailand) untuk Prodi Pendidikan Teknik Elektro. (UNP)

Bagikan