Rakornas Bidang Kehumasan Lahirkan 6 Poin Komitmen Bersama

Iwosumbar.com, Jakarta – Sebanyak 90 orang peserta mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kehumasan Kementerian Sosial (Kemensos) dengan humas pemerintah seluruh Indonesia Rabu (21/8/2019). Setelah menerima pandangan dan informasi, diakhir acara menetapkan komitmen bersama.

Kabag Analisa Kebijakan dan Media Biro Humas Setdaprov Sumbar Zardi Syahrir, pada media ini mengatakan, kesepakatan komitmen tersebut bertujuan membangunan kebersama dan sinegritas humas daerah dengan kemensos dan dinas sosial untuk meningkatkan publikasi pemberitaan kegiatan kesejahteraan sosial di daerah.

“Kita sangat mendukung peningkatan produktifitas pemberitaan kegiatan guna kesejahteraan sosial di daerah dan meningkatkan perhatian pemerintah dalam melayani”, ujarnya.

Seperti Kemiskinan, anak terlantar, kebencanaan dan sebagainya yang berkaitan dengan kegiatan kesejahteraan sosial sehingga setiap tahunnya dapat ditekan dan dikurangi, tambah Zardi disela kegiatan Rakornas yang diselenggarakan pada tanggal 20 sampai dengan 22 Agustus 2019 di Hotel Golden Boutique Jakarta.

Zardi berharap keterbukaan informasi dan produktif pemberitaan dapat meningkatkan kehadiran pemerintah dekat dengan rakyatnya.

Berikut Komitmen bersama segenap peserta Rakornas Bidang Kehumasan yang diselenggarakan Biro Humas Kementerian Sosial RI terdiri dari, a) Kepala Biro Humas Pemerintah Daerah Provinsi seluruh Indonesia, b) Sekretaris Dinas Sosial Provinsi seluruh Indonesia, c) Kepala Bagian OHH lingkup Kementerian Sosial RI dan d) Pejabat Biro Humas Kementerian Sosial RI.

1.Bersama-sama sesuai jabatan, tugas dan fungsi masing-masing akan meningkatkan anggaran kehumasan dimasing-masing unit kerja guna mengembangkan program kehumasan dalam rangka optimalisasi, sosialisasi, publikasi, pemberitaaan dan hubungan kelembagaaan dibidang pembangunan kesejahteraaan sosial.

2.Meningkatkan volume publikasi dan pemberitaan secara proporsional program pembangunan kesejahteraan sosial baik yang diselenggarakan Kementerian Sosial di pusat maupun Dinas Sosial dan Pemerintah Daerah Provinsi.

3.Dinas Sosial Provinsi meningkatkan sinergitas pemberitaaan dan publikasi tentang kesejahteraan sosial khususnya dengan Biro Humas dan/atau Dinas Kominfo Provinsi melalui media cetak dan media elektronik maupun online.

4.Dinas Sosial Provinsi agar menghimpun dokumen hasil pemberitaan dan selanjutnya menyampaikan ke Biro humas Kementerian Sosial untuk diikutkan dalam kompetisi pemberitaaan dan publikasi.

5.Biro Humas Kementerian Sosial melakukan penilaian dari usulan Dinas Sosial Provinsi untuk menetukan Pemerintah Daerah yang paling aktif melaksanakan pemberitaan dan publikasi tentang pembangunan kesejahteraan sosial.

6.Seluruh peserta berkomitmen membangun jejaring dengan membuat Grup komunitas media sosial. Biro Humas Kementerian Sosial berkomitmen mensosialisasikan program Pembangunan Kesejahteraaan Sosial melalui website link yang dimiliki masing-masing Provinsi. (zd)

Bagikan