Salut, Puskesmas Siberut Barat Daya Beri Layanan Pada Malam Hari

Iwosumbar.com, Mentawai – Puskesmas Peipei Pasakiat Taileleu kecamatan Siberut barat daya Mentawai melakukan terobosan dalam pelayanan yaitu konsep PADI MAHAR (Pelayanan Kesehatan daerah terpencil di Malam hari)

Hal itu mengingatkan banyaknya kawasan penduduk yang masih belum tersentuh dalam pelayanan kesehatan dan pengobatan kepada masyarakat yang tinggal di daerah-daerah terpencil.

Kepala UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) Puskesmas Peipei Pasakiat Taileleu kecamatan Siberut barat daya, dokter Winaldi mengatakan ‘PADI MAHAR’ merupakan inovasi dalam pelayanan kesehatan terutama kepada masyarakat yang selama ini belum tersentuh dengan pelayanan kesehatan dengan baik.

“Kita melakukan Padi Mahar ini karena masih banyak masyarakat yang tidak tersentuh oleh pelayanan kesehatan karena letak geografis Mentawai yang sangat berat dan sulitnya mengumpulkan masyarakat pada siang hari karena sedang bertani dan berkebun pada siang hari,” kata Winaldi saat di sambangi reporter media ini, Jumat (23/8/2019).

Sementara daerah yang menjadi objek tempat kunjungan dari tim medis meliputi beberapa desa terpencil diantaranya desa Sagulubbek, desa taileleu, dusun Bolotok, dan desa katurei.

Adapun Tim medis yang disiapkan untuk turun ke lokasi diantaranya bidan, perawat, SKM, asisten apoteker, dan dokter puskesmas serta relawan.

“Kunjungan PADI MAHAR rutin kita laksanakan sekali sebulan dan biasanya melalui jalur laut untuk menuju ke sana dengan perahu pompong,” pungkasnya (KS)

Bagikan