Wisuda Ke-116 UNP 2019 Serahkan Ijazah Sebanyak 2.948 Sarjana

Iwosumbar.com, Padang – Rapat Wisuda Terbuka Universitas Negeri Padang (UNP) pada hari Senin (16/9) merupakan terakhir dari penyelenggaraan wisuda ke-116 periode September 2019, dua hari sebelumnya, Sabtu dan Minggu (14-15/9) juga berlangsung di Auditorium UNP, dengan jumlah wisudawan-wisudawti selama tiga hari berturut-turut tersebut sebanyak 2. 948 orang.

Selama prosesi wisuda, program D2 130 orang, Diploma 3 465 orang, S1 dan D4 Kependidikan 1. 364 orang dan S1 dan D4 Nonkependidikan 688 orang, Profesi Konselor 31 orang dan Magister 252 orang serta Doktor 18 orang.

Prof Ganefri atas nama pribadi, sebagai Pimpinan, dan atas nama seluruh Warga UNP menyampaikan dengan rasa bahagianya dan apresiasinya yang tinggi atas kelulusan wisudawan/wisudawati sekaligus mengucapkan selamat atas gelar akademik yang telah diraih sesuai dengan bidang ilmu yang ditempuh.

“Dengan gelar, dan berarti juga dengan pengetahuan yang dimiliki, kami mengharapkan lulusan UNP terus menumbuhkan kepekaan terhadap lingkungan kehidupan bermasyarakat di Negara Republik Indonesia, seraya terus mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Prof Ganefri.

Pada momentum Wisuda ke-116 yang berlangsung terakhir, Senin tanggal 16 September 2019 ini, Pidato Wisuda berjudul “Revolusi Kurikulum Perguruan Tinggi dalam Menyongsong Transformasi Pendidikan dan Lulusan Berkompetensi Internasional.”

Dikatakanya perubahan dibidang teknologi, sosial, politik, ekonomi dan bidang lainnya di era Revoulusi Industri 4.0, memberi tuntutan kepada Perguruan Tinggi agar mengeluarkan lulusan yang tidak saja berkompetensi nasional, namun juga internasional.

Hal ini tentu saja mendorong agar kurikulum pendidikan tinggi (PT) sesuai dengan dinamika digital, internet of thing, Artificial Intelligence (AI), bioteknologi, serta perkembangan pesat lainnya.

“Jika tidak disesuaikan, lulusan PT tidakakan terpakai atau kalah berkompetisi dengan lulusan PT lain, oleh karena itu perlu dilakukannya revolusi kurikulum PT dalam menyonsong transformasi pendidikan dan lulusan berkompetensi internasional”,Tandas Rektor. (ag)

Bagikan