Dr.Farida Mayar M.Pd, Kreativitas Baik Dilakukan Dari Usia Dini

Iwosumbar.com, Padang – Untuk mengembangkan kemampuan dan seni pada anak Usia Dini sebaik nya dilakukan sambil melakukan aktivitas yang menyenangkan atau sambil diajak bermain.

Sangatlah penting bagi anak dari usia dini jika kita bisa mengajak mereka untuk melakukan kegiatan dalam bentuk kreativitas hingga membangkitkan imajinasi dan daya khayal pada belahan otak kanan nya, dan mengembangkan motorik halus pada mereka.

Demikian disampaikan Dr.Farida Mayar M. Pd, Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang (UNP) Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini pada media ini, Kamis (26/97/2019).

Dr. Farida Mayar, M. Pd NIDN, bersama Tiga Dosen lainya yaitu Dr. Dadan Suryana NIDN serta Eko Purnomo, S. Ds dan Zulmirawati NIM, dalam pengabdian Kepada masyarakat, telah melakukan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ke beberapa sekolah-sekolah TK di Sumatera Barat.

Dalam dua bulan belakangan pengabdian Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang juga telah melakukan kegiatan dengan memberikan pelatihan kepada 16 Orang Guru Taman Kanak-kanak se- Kecamatan Sunggai Limau Padang Pariaman.

Selain belum pernah berlatih. Pelatihan diberikan pada guru TK tersebut juga untuk membuka Peluang Wirausaha Baru Dalam Kreativitas Mengunting Berantai.

Kegiatan sendiri berlangsung di Taman Kanak-kanak, Anugrah Sayang Ibu pada Juli selama dua hari (29/30/2019) bertempat di Kampung Jua, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman.

Menurut Dr. Farida Mayar, Sesuai dengan tujuan pengabdian kepada masyarakat khususnya Taman Kanak-kanak Anugrah Sayang Ibu, yaitu untuk membantu guru-guru TK agar dapat memahami prinsip dan proses pengembangan disain untuk diaplikasikan pada kertas yang berbagai bentuk sesuai dengan imajinasi masing-masing.

“Para guru TK tersebut, dihubungkan dengan tema yang ada di Taman kanak-kanak, sehingga desain gambarnya menjadi bervasiasi” ujarnya.

Diantaranya mengembangkan disain gambar pada lipatan kertas yang berlapis, mengembangkan keterampilan seperti pengerjaan cara mengunting kertas,melipat dan membentuk.

Ia menambahkan, ada aspek seni dalam pengerjaan, yaitu seni rupa. Seni rupa terbagi dua jenis, yaitu seni berbentuk dua dimensi, dan tiga dimensi yang berkaitan erat dengan keindahan seperti menggambar, mencetak, meronce, membentuk, melipat, menempel, mengunting dalam berbagai kreativitas.

Sementara Eko Purnomo S. Ds menambah dalam kegiatan pelatihan pelatihan menyajikan presentase dengan infokus yang disertai mencontohkan teknik dengan praktek langsung, sehingga peserta semangat dan serius memperhatikan bahkan peserta bisa langsung untuk mempraktekan.

“Untuk mengembangkan kemampuan seni rupa pada anak sebaik nya dilakukan melalui aktivitas yang menyenangkan atau sambil diajak bermain”, katanya.

Dari pelatihan pada guru TK tersebut, nantinya diharapkan bisa diaplikasikan langsung pada anak-anak didik mereka. (**)

Bagikan