Forum Staf Ahli Kepala Daerah Diharap Dapat Bersinergi dengan DPD

Iwosumbar.com, Jakarta – Kehadiran Forum Staf Ahli Kepala Daerah Seluruh Indonesia diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota di Indonesia.

Hal ini disampaikan Ketua DPD RI, AA Lanyalla Mahmud Mattalitti saat menerima audiensi Forum Staf Ahli Kepala Daerah (Forsakada) di Ruang Delegasi Ketua DPD RI, Gedung Nusantara III, Rabu, 9 Oktober 2019.

Lanyalla mengatakan bahwa dirinya sangat mendukung kehadiran Forsakada, karena tugas dari staf ahli dalam pemerintah memiliki peran strategis dan memiliki kedekatan hubungan komunikasi dengan kepala daerah.

Bagi DPD-RI, kerjasama dengan Forsakada akan sangat menguntungkan karena dalam melaksanakan fungsi pengawasan di daerah, dapat menjalin kerjasama dengan staf ahli yang menjadi jembatan antara DPD dengan pemerintah daerah.

“DPD RI dapat bersinergi dengan para staf ahli untuk membantu menjembatani DPD RI dalam memberi masukan kepada kepala daerah dalam pengambilan kebijakan yang tepat mengenai program pembangunan di daerah,” ujar Lanyalla.

Ketua Forsakada Tegoeh Wynarno dalam audiensi tersebut menyatakan bahwa kedatangan Forsakada adalah untuk meminta dukungan DPD RI untuk memberdayakan staf ahli kepala daerah dalam pengambilan keputusan terkait pembangunan di daerah.

“Kami harapkan kehadiran forum ini dapat memberi masukan kepada kepala daerah terkait dengan pembangunan di daerah. Mengingat pengalaman kami sebagai pejabat tinggi di lingkungan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, maka sedikit banyak dapat memberikan masukan dalam pengambilan keputusan yang tepat dalam program pembangunan daerah,” ujar Tegoeh.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Jenderal DPD RI, Reydonnyzar Moenek menambahkan bahwa DPD memiliki program untuk membuat nota kesepahaman dengan Forsakada tentang penguatan fungsi dan kewenangan khususnya dalam pembangunan daerah, dimana Forsakada akan berbagi peran dengan DPD dalam mengkomunikasikan gagasan-gagasan kepada kepala daerah.

“Hal ini untuk penguatan peran artikulasi dan agregasi yang saling mengisi dan menguatkan. DPD juga bisa berperan dalam Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah yang selama ini dipimpin oleh Bapak Wapres, “ ucapnya.
Untuk itu diharapkan peran Kepala Daerah dapat memberdayakan para staf ahli Kepala Daerah di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Wakil Ketua Komite II DPD RI, Bustami Zainudin menyambut baik keberadaan forum tersebut. DPD RI dapat menjadi penghubung daerah dengan Pemerintah Pusat. “Insya Allah akan dikawal, kalau kirim surat tembuskan juga ke DPD,” ucapnya. (**)

Bagikan