Minggu, Januari 16

Bamsoet Apresiasi KI Kaltim, Raih Indeks IKIP di atas Nilai Nasional

Iwosumbar.com, Samarinda- Ketua MPR RI H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B. (Bamsoet) mengapresiasi Komisi Informasi (KI) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar acara Penganueraghan bagi Badan Publik yang dianggap terbuka.

Acara malam Penganugerahan badan publik dihadiri langsung oleh ketua KI pusat Gede Narayana dan Wagub Kaltim Hadi Mulyadi dilangsungkan Hotel Bumi Senyiur Samarinda (13/12/2021).

Pada malam penganugerhaan KIP Kaltim itu Bamsoet pesan kan ini pada acara dihadiri Ketua KI Pusat Gede Narayana, Wagub Kaltim Hadi Mulyadi di Ballroom Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Senin 13 Desember 2021.

Melalui record video dalam acara, Bamsoet menyampaikan, Keterbukaan informasi publik adalah keharusan dan pegelolaan pemerinthaan yang terbuka informasi publik adalah sebuah kenicayaan.

Bambang mengucapkan selamat kepada Pemprov Kaltim yang mampu meraih prediket Informatif dalam penilaian Monev Komisi Informasi Pusat.

“Kaltim mememiliki Indek Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) dengan nilai 76 lebih jauh di atas nilai IKIP nasioanl,” sebutnya.

Ketua Komisi Informasi (KI) Kaltim Ramon saragih menyatakan, gelaran penanugerhaan adalah bukti kerja KI Kaltim dalam memastikan penerapan KIP di Kaltim.

“Pesan Pak Gubernur ke KI Kaltim nilai dengan fakta apapun hasilnya diumumkan, terbaik beri anugerah dan belum baik harus diberi penguatan lagi, malam ini hasil itu kita umumkan,” kata Ramon.

Ketua KI Pusat Gede Narayana hadir langsung ujud ingin membuktikan Kaltim Informatif hasil penialian KI Pusat.

“Ini pertama saya hadir di Anugerah KIP Kaltim, sebagai tindaklanjut program Monev KI Kaltim. Ternyata hadirnya pimpinan daerah seperti Pak Wagub, jadi nyata kalau Kaltim layak jadi Provinsi Informatif,” sebut Gede.

Gede menegaskan Monev bagian dari uji badan publik terapkan UU 14 Tahun 2008.

“Karena hari ini KIP sudah harus tidak lips service saja lagi, Dan Monev KI itu ada patronnya sehingga nilainya sesuai dengan penerapan UU KIP di Kaltim. Ingat mewujudkan pemerintahan baik, transparan dan akuntabel tidak kerja komisi informasi sendiri, namun semua baik badan publik maupun publiknya sendiri,” kata Gede.

Ketua Komisi Informasi Sumatera Barat (KISB) Nofal Wiska bersama komisioner KISB dan KI Kaltra serta KI Jawa Timur hadir di malam Penganugerahan KIP 2021.

“kaltim kita apresiasi kareka dua tahun penilaian KI Pusat informatif, Sumbar dari Informatif, turun cukup informatif, penilaian 2021 Sumbar prediket Menuju Informatif, tips dan trik Kaltim mampu menjaga komitmen dan konsisten menerapkan KIP yang perlu kita ambil dari sini,” kata Nofal.

Pada bagian lain Gede Narayana mengatakan badan publik transparan pasti mendatangakan trust masyarakat.

“Terbuka informasi publik selain untuk meningkatkan kesejahteraan serta melahirkan trust publik,” ujar Gede.

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi pada pembukaan Pemganugerahaan KIP 2021 mengatakan KI Kaltim hebat acara anugerahnya dihadiri dari tiga KI Provinsi lain.

“Jadi informatif penilaian KI Pusat tidak untuk juara-juaraan tapi ini tanggungjawab dan amanah untuk melaksanakan perintah UU 14 Tahun 2008, komitmen ini membuat KI Pusat baik Monev dan Indek Keterbukaan Informasi Publik nya beri nilai terbaik bagi Kaltim, ini mengharumkan provinsi ini di pentas nasional” sebut Wagub Hadi Mulyadi.

Malam Penganugerhaan KIP Kalitim2021 dilakukan KI Kaltim adalah hasil, Monev yang didukung Gubernur Kaltim.

“Silahkan nilai dan umumkan hasilnya. Tapi jangan membuat kita terlena, anugerah ini bukan untuk gagah-gagahan tapi untuk memotivasi lebih baik lagi kedepan,” ujar Hadi Mulyadi setelah memukul gong tanda pembuakaan acara ini. (kisb)