Kamis, Mei 19

Bangkitkan Kreatifitas Anak Didik, 50 Kota Gelar Lomba Cerdas Qur’an

IWOSUMBAR.COM, Padang -Pandemi covid-19 yang melanda Dunia dan Indonesia sangat berdampak terhadap dunia pendidikan di Indonesia dan Sumbar tentunya.

Pandemi Covid-19 yang melanda beberapa tahun ini telah menghambat gerak dan merontokan segala bentuk aktifitas dan kreatifitas disegala bidang termasuk dibidang PENDIDIKAN.

Membangkitkan kreatifitas anak didik, Dinas pendidikan Kabupaten 50 Kota berkalaborasi bersama Padangtv menggelar Iven Cerdas Qur’an Tingkat SD dan SMP se Kabupaten 50 Kota. Acara yang digelar selama 13 s/d 23 AGUSTUS 2021.

Hal tersebut bertujuan untuk menyediakan wadah bagi generasi berprestasi dalam menyalurkan bakat dan kemampuan selama pandemi.

Acara dibuka langsung Bupati 50 Kota Safarudding dt.Bandaro Rajo. Dia menyambut baik program cerdas qur’an yang memperebutkan Tropi Kapolda dan Bupati 50 kota.

Safaruddin berharap dengan Iven tersebut, akan mewujudkan 50 kota yang madani, beradap dan berbudaya. Akan muncul ahli ali alquran di 50 kota untuk masa datang.

“Ini merupakan upaya kreatif dari dinas pendidikan, karena bisa menggelar iven di masa covid-19. Disaat setiap daerah kewalahan untuk berkreatifitas menggelar iven, Cerdas Qur’an salah satu jawabannya” terang Bupati.

Bupati sangat mengapresiasi langkah yang di gagas Dinas Pendidikan Kabupaten 50 Kota dan PadangTV yang mengelar program “Cerdas Qur’an” Tingkat SMP dan SD se Kabupaten 50 Kota.

“Kita sangat berterima kepada Dinas Pendidikan dan Padangtv yg melakukan inovasi dengan menghadirkan lomba Cerdas Qur’an. Acara yang digelar secara Prokes Covid-19 dan juga diikuti secara virtual zoom ini, metupakan salah satu upaya memecah kebuntuan siswa dalam berkreativitas” terang Bupati

Sementara, Kapolda Sumbar yang diwakili Kapolres 50 Kota
AKBP Trisno Eko Santoso S.I.K dikesempatan itu menyampaikan program ini
sangat sejalan dengan filosopi Minangkabau sebagai mana dalam falsafah “adat betsandi syarak, syarak bersandikan kithabullah.

Kapolres mengatakan,
alquran adalah pentunjuk bagi umat manusia. Setiap huruf yang dibacakan mengandung pahala dan menuntun setiap muslim kearah lebih baik.

“Mereka yang membaca, mencintai dan mengamalkan alquran adalah surga balasan nya. Karena didalam alquran ini berisi semua petunjuk bagi umat manusia ciptaan allah SAW”, terang Kapolres.

Pada pembukaan Acara Cerdas Qur’an yang disiarkan langsung di stasiun Padangtv, Livestreaming dan youtube ini juga dikuti secara virtual zoom oleh ratusan Kepala Sekolah SD dan SMP se Kabupaten 50 Kota. Ikut juga bergabung Kepala dinas Pendidikan daerah Tetangga Dumai, Duri dan Pekan Baru. (*i)