Kamis, Mei 19

Eka Putra: Khatib Soelaiman Layak Jadi Pahlawan Nasional

Iwosumbar.com, Batusangkar-Peringatan Peristiwa Situjuah, yang jatuh pada Sabtu 15 Januari 2021 menjadi perhatian Bupati Tanah Datar, Eka Putra.

Eka Putra Mengatakan, Khatib Sulaiman asal Nagari Sumpur adalah salah seorang pejuang yang gugur pada peristiwa itu layak dijadikan pahlawan nasional.

“Beliau mewakafkan dirinya untuk memerdekakan bangsa ini, beliau wafat untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa ini. Khatib Sulaiman layak jadi pahlawan nasional,” kata Eka Putra.

Bahkan kata Eka Putra, dia akan menjadi garda terdepan memperjuangkan usulan Chatib Soelaiman menjadi pahlawan nasional.

Menurutnya, seluruh syarat seorang pahlawan dimiliki oleh pejuang asal Nagari Sumpur itu, sehingga tidak ada alasan tidak ditetapkan menjadi pahlawan nasional.

“Beliau hidup untuk negara ini. Memimpin pergerakan, membentuk barisan untuk melawan penjajah. Beliau wafat juga karena negara ini. Untuk memimpin pertempuran menghadapi Belanda yang kembali datang merongrong kemerdekaan yang sudah diraih,” ujar Eka Putra.

Eka Putra mengaku, selama ini dia mengetahui Chatib Soelaiman hanya sebagai nama jalan di Kota Padang dan tokoh dalam peristiwa Situjuah. Namun, setelah menjadi Bupati Tanah Datar dia mengetahui bahwa Chatib Soelaiman berasal dari Tanah Datar.

Eka memaparkan, semua syarat khusus mendapat gelar pahlawan nasional sudah dipenuhi Khatib Sulaiman.

Eka Putra menerangkan, agar perjuangan ini membuahkan hasil, segala sesuatunya harus disiapkan. Pertama tentu saja harus ada usulan dari elemen masyarakat kepada bupati, untuk selanjutnya diteruskan kepada dinas sosial provinsi.

“Khatib Soelaiman pemimpin pergerakan, pernah dibuang karena perlawanan, dia wafat di medan tempur untuk mengusir penjajah. Coba sebutkan alasan kenapa beliau tidak bisa dijadikan pahlawan?” tandas Eka. (Rei,H)