Selasa, Juli 23

FIP UNP Gelar PKM Tentang Psikologis Stunting

Iwosumbar.com, Padang – Survei Status Gizi Nasional (SSGN) menunjukkan bahwa prevelansi kasus stunting saat ini di angka yang cukup mengkhawatirkan dengan persentase sebesar 21,6 % di tahun 2023.

Pemerintah Indonesia menargetkan tahun 2024 bisa turun di angka 14 persen.

Masalah Stunting tidak hanya selalu berhubungan dengan dampak Fisik akan tetapi juga masalah psikis seperti dampak terhadap perkembangan sosial emosional anak, perkembangan kognitif serta berdampak pada kondisi kondisi psikologis orangtua dengan anak yang diidentifikasi stunting.

Masalah Psikologis
Stunting Universitas Negeri Padang (UNP) melalui Departemen Bimbingan dan Konseling FIP UNP Melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat dalam Penanggulangan Masalah Psikologis bagi Orangtua yang Memiliki Anak Stunting..

Dihadiri sebanyak 33 orangtua di Kenagarian Pangkalan Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Limapuluhkota, Jumat 22 September 2023 Berlangsung di UPTD SD N 09 Pangkalan.

Program ini dipimpin oleh Dra. Zikra, M. Pd., Kons dengan membawa ahli Bimbingan dan Konseling UNP seperti Dr. Rezki Hariko, M. Pd., Kons dan asisten dosen Denia Syapitri, S. Pd.

Pentingnya kegiatan ini juga disambut baik oleh Dekan FIP UNP, Prof. Dr. Afdal, M. Pd., Kons. yang datang secara langsung membuka kegiatan secara resmi.

Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan bahwa FIP UNP memiliki banyak program yang dapat dimanfaatkan sebagai upaya bersama mencegah dan menanggulangi berbagai masalah stunting.

Diketahui saat ini juga sedang dilakukan Riset Kolaborasi Indonesia oleh beberapa Dosen BK FIP UNP dengan Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Malang dan Universitas Negeri Surabaya.

Materi yang dikemas sangat baik dan menarik oleh Dra. Zikra, M. Pd., Kons, Dr. Rezki Hariko, M. Pd., Kons dan Denia Syapitri, S. Pd. membuat antusias peserta kegiatan semakin meningkat sehingga banyak diskusi yang terjadi tentang perkembangan anak, terutama yang berhubungan dengan masalah masalah akibat diidentifikasi sebagai stunting.

Erdinal Datuak dan Duptrial, Tokoh Kenagarian Pangkalan yang hadir dalam kegiatan menyambut baik program program seperti ini yang menunjukkan kepedulian PT khususnya UNP pada berbagai masalah masalah yang ada di masyarakat.

Para peserta dan tokoh masyarakat setempat sangat mengharapkan program program serupa seperti ini dapat terus dilakukan dimasa masa akan datang. (**)