Kamis, Mei 19

Kenapa Harus Nonton Menggunakan TV Digital? Ini Keuntungannya!

PADANG – SUDAH TAHU BELUM, keuntungan nonton pakai TV digital? Sejak tahun 2018 pemerintah mencanangkan program pengalihan dari TV analog menuju TV digital. Hingga pada tahun 2022 ini diharapkan siaran TV digital akan merata di sebagian besar wilayah Indonesia.

Bahkan beberapa daerah sudah menonaktifkan siaran TV analog. Dengan demikian, mau tidak mau masyarakat harus menerima peralihan tersebut.

Siaran TV digital Indonesia akan memberikan berbagai manfaat dibandingkan dengan siaran TV analog. Apakah Anda masih ragu untuk beralih ke TV digital yang tidak ada biaya berlangganan?

Segudang Manfaat dan Keunggulan TV Digital
Apakah TV digital perlu internet? Mungkin pertanyaan itulah yang pertama terlintas di benak Anda ketika membicarakan siaran TV digital Indonesia.

Nah, jawabannya siaran TV digital tidak memerlukan internet, akan tetapi menggunakan peralatan yang bernama Set Top Box. Itu juga merupakan salah satu keunggulan beralih ke siaran TV digital.

Anda juga dapat menikmati berbagai manfaat dan keunggulan lain dari siaran TV digital. Berikut ini beberapa manfaat menggunakan siaran TV digital yang wajib Anda ketahui.

1. Peningkatan Kualitas Gambar dan Suara
Jika biasanya pada siaran TV analog Anda sering menemukan gambar TV yang tidak jelas, ada bayangan dan seperti ada semutnya. Maka, solusi yang tepat yakni dengan beralih ke siaran TV digital.

Dengan menggunakan siaran TV digital kualitas gambar dan suara yang diterima akan stabil. Sehingga, Anda dapat menikmati siaran televisi dengan baik.

Bahkan ketika sinyal digital dalam keadaan, Anda akan tetap mendapatkan kualitas gambar yang baik atau high definition (HD). Selain itu, kualitas suara yang ada dalam siaran TV digital juga terdengar jelas dan jernih. Bahkan, hal ini juga berlaku untuk semua daerah di Indonesia, karena sinyal digital dapat menjangkau wilayah yang luas sekalipun.

2. Tidak Dikenakan Biaya Langganan. Pasti Anda beranggapan bahwa siaran TV digital akan memakan banyak biaya layaknya streaming berbayar atau seperti TV kabel. Faktanya, hal tersebut salah besar justru dengan beralih ke siaran TV digital Anda tidak akan dikenakan biaya langganan maupun sejenisnya. Anda juga tidak perlu membeli antena baru maupun TV baru untuk mendapatkan siaran TV digital.

Anda hanya perlu membeli set top box sebagai alat untuk mengubah TV analog menjadi TV digital. Set top box ini berfungsi untuk mentransfer sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat dinikmati di layar kaca Anda. Nah, agar Anda dapat menikmati siaran digital broadcasting dapat menggunakan STB jenis DVB T2.

3. Lebih Banyak Pilihan Saluran
Keuntungan nonton pakai TV digital berikutnya yakni banyaknya saluran yang tersedia di TV digital. Saat ini beberapa siaran TV analog sudah beralih ke TV digital, sehingga Anda tidak akan menemukan beberapa saluran tersebut jika masih menggunakan TV analog. Nah, oleh karena itu Anda dapat segera beralih ke siaran TV digital untuk menikmati berbagai saluran yang tersedia.

Akan tetapi, saluran tersebut juga masih bergantung dengan wilayah tempat tinggal Anda. Untuk memastikan saluran apa yang tersedia di wilayah tempat tinggal Anda dapat melihatnya di aplikasi Kemenkominfo. Meski demikian, saluran TV digital akan lebih banyak jika dibandingkan dengan TV analog.

4. Dapat Melihat Jadwal Siaran. Jadwal siaran biasanya dapat ditemukan di TV kabel maupun layanan streaming dengan fitur Electronic Program Guide atau EPG yang tersedia. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena dalam TV digital pun ada fitur EPG yang memudahkan Anda untuk melihat jadwal siaran. Bahkan, sebagian besar saluran TV nasional pun sudah menggunakan fitur EPG.

Fitur EPG akan memudahkan Anda untuk melihat seluruh siaran yang ada pada semua saluran yang tersedia. Fitur ini akan menampilkan jadwal siaran yang sedang tayang, akan maupun yang telah selesai tayang.

Dengan begitu Anda dapat memilih dengan leluasa siaran TV apa yang diinginkan lengkap dengan jam tayangnya, itulah salah satu diantara kelebihan TV digital.

5. Menjadikan Internet Lebih Cepat. Salah satu dampak positif peralihan siaran TV analog ke TV digital yakni koneksi internet yang akan lebih cepat. Spektrum yang dulunya digunakan untuk siaran TV analog kemudian dialihkan untuk meningkatkan kecepatan internet pada TV digital. Terlebih spektrum ini nantinya dapat menjangkau ke area yang sulit sekalipun misal pada sebuat basement.

Dengan demikian diharapkan kecepatan internet akan lebih baik lagi dan dapat menjangkau berbagai tempat yang sulit sekalipun. Kecepatan internet ini juga akan memudahkan berbagai pekerjaan manusia yang tergantung dengan internet. Sehingga dampak peralihan ke TV digital ini dapat dikatakan sangat signifikan.

Setelah mengetahui banyaknya keuntungan nonton pakai TV digital, bagaimana menurut Anda? Pasti Anda tidak ragu lagi untuk beralih ke siaran TV digital karena berbagai keuntungan dan manfaat yang dapat diperoleh.

Oleh karena itu, Anda hanya perlu menyiapkan set top box yang membantu untuk mengalihkan siaran TV analog ke TV digital. Set top box merupakan alat penting agar Anda dapat menikmati siaran TV digital, alat ini berfungsi untuk mentransfer gambar dan suara pada saluran televisi.

Nah, tidak perlu khawatir untuk mendapatkan set top box ini. Anda dapat membeli STB TV Digital  ini dapat dengan mudah ditemukan di marketplace Blibli.com. Tentunya dengan harga yang sangat terjangkau dan kualitas terbaik di kelasnya. Anda hanya perlu melakukan pemesanan dari rumah saja dan set top box ini akan sampai pada tangan Anda.

Blibli merupakan salah satu marketplace di Indonesia yang menawarkan berbagai barang kebutuhan sehari-hari dengan penawaran dan harga yang menarik. Anda dapat mempercayakan semua kebutuhan di Blibli. Dijamin belanja puas dengan harga yang pas.(*)

Tinggalkan Balasan