Rabu, Juli 24

Menghadirkan Rasa Rumahan dalam Bisnis Warung Makan Salsa-Dilla

(ket, poto: tampak depan Warung Salsa-Dilla. dok dinara)

Oleh Dinara Savina (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas)

Usaha warung makan saat ini adalah bisnis yang penuh tantangan dan persaingan. Dalam artikel ini, saya akan membahas strategi-sukses yang diterapkan oleh pemilik Warung Makan Salsa- Dilla untuk membangun dan mengelola warung makan yang berlokasi di Jl. Dr. Moh Hatta No. 29 Koto Panjang, Kel. Limau Manis, Kec. Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat.

Warung ini dikenal menyediakan beragam makanan dengan konsep masakan rumahan yang ramah di kantong pelajar.

Pemilik warung, yang akrab dipanggil ‘Ibu’ oleh para pelanggannya, telah menjalankan Warung Salsa-Dilla sejak tahun 2017.

Ia menceritakan awal mula berdirinya warung ini didasari oleh kecintaan Ibu pada memasak. “Saya membuka warung ini karena selain dari hobi memasak, saya juga melihat peluang usaha dalam hal yang saya tekuni.” sebut ibu.

“Melihat peluang adalah langkah awal yang penting bagi siapa pun yang ingin memulai usaha” tambah Ibu.

Selain itu, Ibu menekankan pentingnya membedakan usahanya dari yang lain dengan memperhatikan konsep usaha, menu, target konsumen, dan faktor lainnya.

Salah satu aspek penting dalam manajemen pembukaan warung makan adalah pemilihan menu makanan yang cermat.

Menu harus dipilih dengan mempertimbangkan pelanggan target, lokasi, efisiensi dalam proses memasak, dan ketersediaan bahan makanan.

(ket, poto: daftar menu Salsa-Dilla, dok, Dinara)

Ibu pemilik warung ini memilih menu makanan modern yang disukai anak-anak muda, awalnya menargetkan mahasiswa sebagai pelanggan utama, tetapi warung ini juga memikat pelanggan dari berbagai kelompok usia.

Setelah menentukan daftar menu, harga atau price list harus ditetapkan dengan mempertimbangkan biaya bahan-bahan makanan dan margin keuntungan yang diinginkan.

Wati, salah satu mahasiswa pelanggan setia warung Salsa-Dilla juga mengatakan, bahwa selain masakannya enak di warung Ibu, harga cukup ramah bagi mahasiswa.

“Menu-menu makanan yang ada di warung ini sangat beragam, jadinya saya ga bosan untuk terus makan disini. Dan rasa makanannya juga enak-enak, tapi yang paling penting sih karena harganya cukup cocok dikantong saya.” kata Wati

Warung Salsa-Dilla menawarkan beragam hidangan seperti dendeng, udang, ikan, ayam dengan berbagai bumbu, lauk campur, sup iga, sup ayam, chicken katsu, dan masih banyak lagi. Setiap hidangan disajikan dengan sayuran, dan minuman juga tersedia dalam berbagai pilihan.

Salah satu faktor utama yang membuat pelanggan tetap kembali adalah kualitas dan rasa makanan yang konsisten. Ibu pemilik warung selalu membeli bahan makanan segar setiap hari untuk memastikan kualitas makanan tetap terjaga.

Kebersihan warung juga menjadi faktor penting agar pelanggan merasa nyaman. Warung ini beroperasi dari jam 9 pagi hingga 9 malam.

Dalam kesimpulan, ketepatan dalam menerapkan strategi dan manajemen yang baik sangat penting untuk kesuksesan usaha warung makan.

Semua aspek, mulai dari pemilihan menu hingga menjaga kualitas dan kebersihan, berperan dalam menarik dan mempertahankan pelanggan. Dengan perhatian pada detail-detail ini, Warung Makan Salsa-Dilla telah membangun reputasi yang kuat.