Minggu, Oktober 2

Muswil ALFI /ILFA Geliat kan Pengiriman Logistik di Sumbar

IWOSUMBAR.COM, PADANG – Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah Sumatera, Barat Isra Dharma Suryandra menyampaikan bahwa ada sekitar 35 perusahaan jasa pengurusan yang tergabung dalam Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia/Indonesian Logistics & Forwarders Association ( ALFI/ILFA) di Sumbar.

Hal itu diungkapkan dalam gelaran Musyawarah Wilayah bertema “Optimalisasi Peran ALFI /ILFA untuk Meningkatkan Daya Saing Produk dan Pertumbuhan Ekonomi Sumatra Barat”. Di ZHM Premiere Rabu (21/9/2022)

Muswil dibuka oleh Wakil Gubernur Audy Joinaldy dihadiri oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) ALFI Akbar Johan, KSOP Pelindo, Kadis Perhubungan serta beberapa perwakilan dari Provinsi pengurus ALFI lainya.

Di sambutannya, Sekjen ALFI /ILFA Akbar Johan mengatakan, asosiasi ILFA bukanlah kaleng kaleng semata, ALFI berdiri sudah 33 tahun, dengan program- program kerja yang berkesinambungan.

Akbar Johan juga menghimbau dan berharap kepada pengusaha pengusaha yang bergerak dibidang logistik lainya bisa bergabung dalam memajukan ekonomi daerah.

“Apa yang menjadi tema pada Muswil ALFI ini, tentunya kita harapakan menjadi janji kita bersama,” harapannya .

Sementara Wakil Gubernur Audy Joinaldy pada sambutanya menyampaikan, Sumatra Barat dalam bidang pengiriman barang atau logistik bisa di bilang kurang beruntung dalam geografis.

Wagub memaparkan kenapa murah biaya logistik dari China ke Indonesia, ketimbang biaya logistik antar daerah di Indoneisia.

“Wajar saja, harga barang produksi China lebih murah di bandingkan produk kita. Ini sangat menarik, dibutuhkan kajian-kajian kenapa semua ini bisa terjadi. Oleh karena itu dibutuhkan rancangan logistik 4.0 dalam mencari solusinya,” terangnya.

Diharapkan gelaran muswil III tersebut dapat mewujudkan Ekosisteim logistik di Sumbar yang mempunyai daya saing tinggi, sehingga Pemprov Sumbar dapat melahirkan kebijakan dalam membantu eksport logistik. (**)

Tinggalkan Balasan