Minggu, Januari 16

Muzni Zen Bantu Bibit Kelapa Poktan Kuranji dengan Pokir

Iwosumbar.com, Padang – Anggota DPRD Kota Padang, Muzni Zen, SH bangkitkan semangat masyarakat di daerah kecamatan Kuranji yang tergabung dalam kelompok tani (Poktan) dengan menyerahkan bibit Kelapa Genjah Pandan Wangi Tailand.

Diketahui, Kelapa Genjah Pandan Wangi sangat bernilai tambah tinggi bagi buah kelapa muda, karena bisa berbuah lebih awal yaitu 2.5– 3 tahun setelah ditanam. Pemanfaatan buah Kelapa Genjah Pandan Wangi sebagai kelapa muda gelondongan ditingkat petani yang mana harganya mencapai Rp. 10.000 perbutir.

Jika setiap tandan menghasilkan minimal 10 butir dan setahun menghasilkan 13 tandan, maka dihasilkan 130 butir perpohonan pertahunan.

“Kami berharap bantuan bibit Kelapa Genjah Pandan Wangi Tailand dapat mengangkat perekonomian masyarakat selama ini terpuruk Akibat Pandemi,” kata Muzni yang
anggota dari Fraksi Gerindra Kota Padang, saat acara penyerahan, Jumat (3/12).

Ia menjelaskan tanaman kelapa pandan wangi mampu tumbuh dengan baik pada berbagai jenis tanah seperti aluvial, laterit, vulkanis, berpasir, tanah liat, ataupun tanah berbatu, tetapi paling baik pada endapan aluvial. Kelapa pandan wangi dapat tumbuh subur pada pH 7,6.

“Ini juga salah satu bibit peremajaan tanaman kelapa, yang sudah banyak tua dan itu sangat perlu peremajaan, apalagi pohon yang sudah tua sudah banyak yang ditebang dan di jadikan bahan kayu bagi masyarakat, kalau tidak dilakukan peremajaan tentu pohon-pohon kelapa akan berkurang,” ujarnya.

Turut hadir pada penyerahan bibit kelapa yang anggarannya berasal dari dana Pokirnya Muzni Zen itu, Kadis Pertanian Kota Padang, Ketua LPM Kuranji/ MPA KAN Kuranji Irwan Basir, SH MM ,Dr. Rajo Alam, beberapa lurah Kecamatan Kuranji dan penyuluh serta perwakilan kelompok tani. (Ag)