Kamis, Februari 9

Pameran Tambo Art Center, Limbah Pantai Menjadi Trending Topik

Iwosumbar.com, Padang -Pameran seni rupa yang dihelat oleh Tambo Art Center (TAC) pada 29 November 2022 bertema “Alua jo Patuik” bertempat di Gedung Olah Raga Bulutangkis Bancah Laweh, Padangpanjang, Sumatera Barat, mendapat antusias dari masyarakat.

Pameran yang diikuti sebanyak 40 pengkarya, baik perseorangan maupun dari komunitas atau kelompok kesenirupaan di Sumatera Barat ini tampak ramai dikunjungi oleh pecinta seni.

Salah satunya yang menjadi sorotan adalah karya Instalasi dari Kapten Moed berjudul “Trending Topik” . Bahan kreatornya dikumpulkan dari limbah-limbah yang tersapu ombak di pantai dan sebagian dari limbah rumah tangga.

Selain itu, para kolektor juga melirik dan antusias terhadap karya instalasi yang dipamerkan di TAC milik Kapten Moed.

“Semoga ruang- ruang di Sumatera Barat semakin banyak dan konsisten. Agar kesenian di Sumatera barat semakin hidup dan berkembang,” kata Khairul atau acap dipanggil Kapten Moed.

Kepada medis Moed mengatakan, penggunaan Karya semua dari bahan limbah atau sampah yang berserakan di pantai hal itu sejalan dengan kampanye pemanfaatan limbah dan peduli lingkungan.

“Isu-isu yang berbau lingkungan, limbah ini benar-benar masih banyak, dan tidak akan berkurang. Harapannya semakin banyak yang bergiat di peduli lingkungan, di aksi-aksi sosial sampai membuat sebuah karya dari limbah itu akan membantu mengurangi limbah secara ramah lingkungan,” ujarnya

Lebih lanjut, Kapten Moed berencana bisa berbuat lebih luas lagi dengan tema pemanfaatan dan pengolahan limbah. “Dari isu lingkungan itu ia respon sesuai dengan tematik pameran kemarin,”. Kapten Moed punya kecenderungan artistik yang berangkat dari latar belakang isu sosial yang dituangkan.

Untuk diketahui, Kapten Moed sendiri adalah lulusan Seni Rupa di UNP, berkarir sejak kuliah. Mulai berkarya dan berpameran pada tahun 2009 sebagai perupa yang terus mengusung pembaruan dan ide-ide Kreatifnya (S.A).