Selasa, April 30

Dinas Pariwisata Gelar Anugerah Wisata 2022 bagi Pelaku Wisata Sumbar

IWOSUMBAR.COM PADANG – Peringati Hari Wisata Dunia. Dinas Pariwisata Sumbar menggelar malam anugerah wisata Sumatra Barat tahun 2022. Dilaksanakan di pelataran rumah Gubernur Selasa malam (27/9). Dihadiri Gubernur Mahyeldi, Ketua BKOW, Kepala BI Sumbar serta Bupati dan Walikota se Sumbar serta jajaran Forkopimda/OPD, Pemerhati serta asosiasi pariwisata Sumbar.

Gelaran Anugerah yang digelar sekali dua tahun ini guna memberikan penghargaan kepada para pelaku, pegiat dan asosiasi Pariwisata, maupun Kabupaten dan Kota.

Penghargaan diberikan pada pemenang kategori, Peduli Wisata Award, Apresiasi Desa Wisata, Apresiasi Homestay, Peringkat Daya Tarik Wisata Unggulan (DTWU) tahun 2022, dan Peringkat Daya Tarik Wisata Halal (DTWH) tahun 2021 -2022.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda mengungkapkan Anugerah Pariwisata ini sebagai bentuk apresiasi pada pelaku dan pegiat wisata di Kabupaten Kota.

Luhur Budi diawal laporannya menyampaikan tujuan gelaran acara yaitu, mendukung Program Unggulan dari Pemprov Sumbar, serta memberikan apresiasi bagi Kabupaten dan Kota yang telah mampu mengembangjan pariwisata daerah serta Kepada Pelaku dan Penggiat dan Penggiat Wisata.

Dalam acara malam anugrah juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara Pemprov Sumbar dengan pihak Grab Indonesia.

“Kerjasama ini dilakukan terkait dengan promosi dan pengembangan pariwisata Sumatera Barat,” kata Luhur Budi

Sementara, Gubernur dalam sambutannya menyampaikan, Provinsi Sumatera Barat serius dalam mengelola Pariwisata. Keseriusan tersebut sudah tertuang dalam RPJMD. Yaitu terwujudnya pariwisata Minang di Indonesia dan mendunia.

“Untuk tahun 2023, Pemprov akan lebih serius lagi apalagi sudah dicanangkan Visit Beautiful West Sumatera 2023,” ujar gubernur.

Dikatakan, wisata daerah juga perlu adanya pembenahan pembenahan, seperti Jalan, selokan, penyediaan MCK serta dukungan dukungan lainya.

Kepada kepala daerah Gubernur mengajak untuk saling bergandengan tangan dan bersinergi guna menghadirkan pariwisata Sumatra Barat yang lebih baik. (**)