Minggu, Juli 3

Pasca Lebaran Polres Padangpanjang dan Warga Bersihkan Sampah

Iwosumbar.com, Padang – Arus mudik lebaran 2022 di Sumatera Barat meledak, sehingga debit sampah pun melimpah terlihat di sekitaran kawasan objek wisata seperti di Lembah Anai Kabupaten Tanahdatar seperti di sepanjang bantaran sungai, drainase dan jalan.

Kapolres Padangpanjang AKBP Novianto Taryono, mengatakan sangat prihatin melihat kondisi tersebut. Bersama jajarannya, Novianto pasca berakhirnya giat Operasi Ketupat Singgalang 2022 ini langsung menggelar aksi bersih di kawasan tersebut.

“Sumbar dikaruniai alam wisata nan sangat indah, yang didukung udara sejuk serta jernihnya air di aliran sungai. Namun meledaknya arus mudik lebaran kali ini, menimbulkan dampak sampah cukup banyak yang merusak keindahan alam,” ujar Novianto pada media Selasa (10/05/2022).

Ratusan personil Polres Padangpanjang langsung dikerahkan, berkolaborasi bersama masyarakat setempat mengumpulkan sampah sedikitnya hingga tiga truk atau lebih kurang 30 kubik.

Kapolres berharap semua pihak juga berinisiatif menjaga kebersihan lingkungan alam.

“Meski cukup banyak yang kita kumpulkan hari ini, tentu belum mencapai hasil yang maksimal. Karena itu kita menghimbau semua pihak punya semangat yang sama demi kebersihan lingkungan alam ini. Langkah terbaik itu, yakni dengan membuang sampah pada tempatnya,” ujarnya.