Minggu, Juli 3

Pemprov Sumbar Siapkan Posko Satgas Hadapi Bencana Karhutla

IWOSUMBAR.COM, PADANG — Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) siapkan posko satuan petugas (satgas) untuk menghadapi bencana kebakaran hutan (Karhutla).

Kepada Pemadam Kebakaran (Damkar) harus selalu siap kapan saja tanpa batas waktu, karena kebakaran bisa terjadi kapan saja tanpa diduga.

Hal itu terungkap dalam gelaran Rapat Koordinasi Pemadam Kebakaran Se- Sumatera Barat Tahun 2022 di Hotel Kyriad Bumiminang, Padang, Rabu (22/6/2022).

“Jangan nanti kebakaran sudah membesar baru datang pemadamnya, sehingga menimbulkan kerugian besar,” kata Gubernur Sumbar Mahyeldi saat itu.

Dikatakan, Pemadam Kebakaran adalah perangkat daerah yang menjadi barisan terdepan memberikan perlindungan terhadap masyarakat dalam berbagai kondisi kedaruratan.

Selama ini pemadam kebakaran telah menunjukkan kinerja, berjuang dan berkorban dalam tugas dengan mempertaruhkan keselamatan dengan motto ‘Pantang Pulang Sebelum Padam’,

Seluruh personil dan perlengkapan Damkar harus dilengkapi, jangan sampai terkendala saat dibutuhkan. Apalagi dalam upaya dan pengendalian serta pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Sumbar.

Gubernur juga berharap setiap daerah harus menyiapkan posko satgas harus di siagakan dalam kesiap siagan bencana kebakaran hutan dan lahan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Sumbar Irwan, S. Sos. MM berharap melalui Rakor tersebut bisa mencapai tujuan untuk melakukan penanganan kebakaran secara maksimal dan upaya antisipasi dan kesiapsiagaan menghadapi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Sumbar tahun 2022.

“Intinya kita melakukan deteksi sejak dini, mengantisipasi, jika memang terjadi hal-hal yang dirasakan akan menimbulkan sebuah bencana seperti kebakaran saat kecil, jangan kita tunggu pada saat sudah membesar, sesuai apa yang disampaikan Guberbur,” sebut Irwan.

Dalam melakukan penanganan kebakaran hutan dan lahan secara komprehensif, melalui upaya pencegahan, pemadaman, lokalisir titik api dan penegakan hukum secara profesional dengan mengkolaborasikan sistem, sumber daya manusia dan teknologi.

“Untuk itu kami berharap dan perlu dukungan pengadaan sarana dan prasarana dalam rangka meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat,” harapnya.

Dalam kegiatan Rakor, juga dilaksanakan Perjanjian Kerjasama antara provinsi dan kabupaten/kota terkait urusan Pemadaman Kebakaran.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama tersebut disaksikan langsung oleh Gubernur Sumbar dan berharap Pemadam Kebakaran Kabupaten/Kota dapat semakin bersinergi, bersatu dan saling membantu dalam menanggulangi bahaya kebakaran di daerah manapun di wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Kasatpol PP Irwan tegaskan dengan adanya Perjanjian Kerja Sama tersebut maka seluruh urusan yang terkait dengan pemadaman kebakaran akan semakin efektif dan efisien serta mendorong meningkatnya kinerja Pemadam Kebakaran dalam menanggulangi kebakaran dan melakukan penyelamatan.

Kasatpol PP juga mengingatkan, periode musim kemarau biasanya dimulai pada bulan Juni setiap tahunnya, namun saat ini Sumbar masih dalam musim hujan. Walaupun begitu kita harus siap siaga dengan optimal. (mc)

Tinggalkan Balasan